Jakarta (ANTARA) -
Tim putri Jawa Barat yang berstatus sebagai juara bertahan ditantang Daerah Istimewa Yogyakarta pada final Kejurnas Bola Voli Junior 2023, Minggu (17/12).

Kepastian tersebut diperoleh setelah kedua tim menaklukkan lawannya masing-masing di laga semifinal yang berlangsung di GOR Candradimuka Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor, Sabtu.
 
Jabar lolos ke partai puncak usai menang atas Jatim dengan skor 3-1 (32-30, 25-20, 22-25, 25-16), sedangkan DIY melaju ke final dengan menaklukkan DKI Jakarta 3-0 (25-19, 27-25, 25-19).
 
Laga Jabar versus Jatim berjalan ketat di set awal sehingga skor mencapai 32-30 untuk Jabar. Pada set kedua tim asuhan Octavian kembali unggul dengan skor 25-20. Akan tetapi, pada set ketiga giliran Jatim unggul dan pada set keempat Jabar kembali memimpin dengan 25-19.
 
Pelatih Jabar Octavian mengaku meski menang, anak asuhnya masih sering melakukan kesalahan sendiri. "Terutama receive, anak-anak masih sering terjadi kesalahan," kata Octavian.
 
Di samping itu, faktor fisik masih dikeluhkan Octavian. Menurutnya beberapa pemainnya masih merasa kelelahan. "Bahkan ada yang batuk seperti Aulia," tukas Octavian.
 
Baca juga: Dua tim unggulan, Jabar dan DIY petik kemenangan perdana Kejurnas Voli

Sementara pelatih Jatim Irilkun Soffana mengatakan kalau anak asuhnya tampil kurang tenang saat menghadapi Jabar. "Makanya banyak salah sendiri," tambahnya.
 
Sedangkan pada laga DIY melawan DKI Jakarta, asisten pelatih DIY Suwido mengakui kalau timnya bermain lepas tanpa beban. "Makanya bola apa saja jadi poin," tambah Suwido.
 
Sebaliknya, pelatih DKI Jakarta M Anshori mengatakan para pemainnya bermain tegang. "Seperti ada beban. Tidak lepas," tutur Anshori usai laga.
 
Dikutip dari keterangan resmi PP PBVSI, berikut jadwal final putri Kejurnas Bola Voli Junior 2023, Minggu (17/12):
13.00 WIB: Jatim-DKI (perebutan tempat ketiga dan keempat)

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023