Jakarta (ANTARA) - Tim putri DKI Jakarta dan Jawa Timur memastikan langkah ke babak semifinal Kejurnas Bola Voli Junior 2023 setelah mengalahkan lawan-lawannya, di GOR Candradimuka Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor, Jumat.

DKI Jakarta menundukkan Bengkulu dalam pertandingan tiga set langsung dengan skor 3-0 (25-15, 25-21, 25-19). Dengan hasil tersebut membuat DKI Jakarta menyapu bersih tiga pertandingan di Pul Z. Dua laga sebelumnya, DKI Jakarta menang atas Kaltim dan Sumbar masing-masing dengan skor 3-0 dan 3-1.

Sementara Jatim dipastikan lolos ke semifinal usai menang atas Lampung 3-0 (25-18, 25-13, 25-13). Lolosnya tim asuhan Irilkun Soffana itu bukan karena juara pul, melainkan menjadi runner-up terbaik.

Jatim berada di posisi runner-up dari tiga tim di Pul Y. Pada laga sebelumnya Jatim kalah dari DIY 1-3. Jatim bersama Banten dan Bengkulu sama-sama berada di posisi runner-up pul masing-masing. Banten Pul X sedangkan Bengkulu di Pul Z.

Baca juga: Dua tim unggulan, Jabar dan DIY petik kemenangan perdana Kejurnas Voli

Jatim memiliki rasio set terbaik dari Bengkulu dan Banten. Rasio set Jatim 1,333, sedangkan Bengkulu dan Banten sama-sama memiliki rasio set 1,000.

Pelatih putri Jatim, Irilkun Soffana mengaku senang anak asuhnya bisa lolos ke semifinal dengan persiapan yang terlampau singkat dilakukan oleh timnya.

"Dengan persiapan singkat bisa lolos semifinal, itu sangat menggembirakan," ujar mantan pemain timnas voli pantai itu.

Dijelaskan, bahwa timnya bisa berlatih bersama-sama hanya dua hari menjelang ke Sentul dikarenakan tiga pemainnya masih mengikuti Livoli Divisi Utama 2023 di Kediri.

"Karena beberapa anak seperti Putri Agustin, Nabila, dan Ajeng mengikuti Livoli Divisi Utama di Kediri," tambahnya.

Sementara itu, pelatih DKI Jakarta, M. Anshori mengatakan pertarungan sesungguhnya timnya di Kejurnas U-19 ini di babak semifinal.

"Kami mencoba formasi pada set kedua dengan Bengkulu. Karena saya mencari formasi untuk semifinal. Tapi set ketiga saya turunkan kembali tim inti," tukas Anshori usai laga versus Bengkulu.

Dengan demikian, sudah empat tim putri yang lolos ke semifinal. Dua tim sebelumnya yang sudah lebih dulu lolos adalah juara bertahan Jabar sebagai juara Pul X dan DIY juara Pul Y.

Dilansir dari keterangan resmi PP PBVSI berikut jadwal lengkap semifinal putri, Sabtu:
13.00 WIB: Jawa Barat - Jawa Timur
17.00 WIB: DI Yogyakarta - DKI Jakarta.

Baca juga: Sebanyak 12 provinsi ramaikan Kejurnas Voli Junior Indoor
 

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023