Jakarta (ANTARA) - Tim bola voli putra Jawa Barat (Jabar) dan putri Jawa Timur (Jatim) meraih gelar juara pada kejurnas bola voli indoor babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara setelah mengalahkan lawan-lawannya pada laga final yang dimainkan di GOR Bulungan, Jakarta Selatan, Minggu.

Jabar putra tampil sebagai juara pra kualifikasi PON XXI tahun 2024 setelah mengalahkan tim Jatim dengan skor 3-0 (25-19, 25-20, 25-18).

"kekalahan atas Jateng (babak penyisihan) bukan karena lawan unggul dalam permainan, namun karena pemain tim Jabar buru-buru menyelesaikan pertandingan dan akhirnya berbalik jadi kekalahan,” kata pelatih Jabar putra Samsul Jais, melalui keterangan resmi, Minggu.

Setelah semua sektor diperbaiki, permainan Jabar lebih solid dalam pertandingan selanjutnya dan hal ini terjadi sampai laga final final dimana Jabar menaklukkan Jatim tiga set langsung untuk meraih gelar juara di kejurnas bola voli indoor.

Adapun, juara tiga putra diraih tim DKI Jakarta setelah menang atas Bali dengan angka 3-1 (25-21, 23-25, 25-19, 25-20). Dengan kekalahan itu, Bali menempati posisi keempat menuju PON XXI tahun 2024.

Sementara itu, untuk putri, tim putri Jatim tanpa beban meraih juara saat mengalahkan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan skor 3-0 (25-15, 25-18, 25-15).

"Kami memberikan permainan lepas pada anak-anak agar tidak terlalu tertekan. Strategi itu berjalan sesuai harapan untuk memenangkan pertandingan dengan skor 3-0," kata pelatih tim Jatim putri, Affan Priyo Wicaksono seusai mengantarkan anak-anak asuhnya menjadi juara.

Affan menambahkan kunci kemenangan timnya di laga final melawan DIY, tim yang tidak diprediksi akan masuk final, adalah dengan bermain lepas dan tidak meremehkan lawan. Melalui strategi itu, Ajeng Viona dan kawan-kawan bermain all out dari game ke game.

Strategi itu berjalan dengan baik karena memasuki set pertama pada laga final, Jatim langsung menggebrak tim DIY dengan skor meyakinkan 25-15, berlanjut 25-18, dan ditutup dengan skor yang sama seperti set pertama, 25-15.

"Kunci permainan kami tidak pernah menganggap remeh lawan. Dengan begitu tampil selalu siap tempur untuk memenangkan pertandingan sejak babak awal hingga melawan DIY di final " jelas Ajeng Viona.

Pada laga final, juara tiga putri diamankan oleh tim DKI Jakarta setelah mengalahkan Jabar 3-0 (25-16, 25-15, 25-21).

Baca juga: Tim putri D.I Yogyakarta akan hadapi Jatim di final Kejurnas Bolavoli
Baca juga: Tim putra Jatim lolos ke semifinal Kejurnas Bolavoli 2023


Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023