turun ke masyarakat, sambil memilah sampah dan serap masalah dari mereka
Jakarta (ANTARA) - Kepolisian Sektor (Polsek) Jagakarsa mengunjungi bank sampah RW 05 Kelurahan Srengseng Sawah, sambil menyerap sejumlah permasalahan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di daerah itu. 

"Kami turun ke masyarakat, sambil memilah sampah dan serap masalah dari mereka," kata Kepala Kepolisan Sektor (Kapolsek) Jagakarsa Kompol Multazam Lisendra saat dihubungi, di Jakarta, Kamis.

Multazam mengatakan bahwa saat membantu warga memilah sampah, pihaknya juga mendengarkan permasalahan di lingkungan sekitar.

"Dari RW itu kan permasalahan lingkungan bisa kita deteksi, deteksi dini kejahatan," ujarnya.

Multazam juga mengatakan dengan warga yang sehat dan sejahtera, kejahatan dapat berkurang.

Baca juga: Polisi dukung pengelolaan sampah bernilai ekonomis di Jaksel

Mengelola sampah menurut Multazam dapat menjaga kebersihan dan bisa menghasilkan keuntungan, dari keuntungan tersebut dapat digunakan untuk kegiatan masyarakat itu sendiri.

Sambil membantu memilah sampah, pihaknya juga memberikan imbauan terkait pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat di lingkungan sekitar.

"Sambil milah sampah plastik, kita ajak untuk siskamling sambil bagi-bagi nomor Kapolsek dan hotline," ungkapnya.

Menurut Multazam, kegiatan ini juga merupakan bagian dari program Kampung Tangguh Jaya yang diinisiasi oleh Kapolda Metro Jaya sejak dua tahun lalu, yang salah satunya penguatan ekonomi.

Kampung Tangguh Jaya (KTJ) ialah sebuah program Strategi Problem-Oriented Policing (POP) yang digagas oleh Kapolda Metro Jaya, sebagai bagian dari solusi nyata untuk mengendalikan dan mencegah terjadinya masalah-masalah sosial.

Baca juga: Aktivis nilai urgensi pengembangan bank sampah Jakarta sangat tinggi

KTJ menjadi solusi untuk memperkuat kapasitas masyarakat dan secara aktif membangun kesamaan pandangan dan komitmen bersama, untuk menangani persoalan sosial dan dampaknya sebagai suatu masalah yang harus diatasi dengan bergerak bersama.

Pewarta: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022