Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita seputar DKI Jakarta terjadi pada Kamis (15/12) yang masih menarik disimak menemani aktivitas pembaca pada pagi hari ini yakni mulai dari Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) mengapresiasi penerapan tilang elektronik (Electronic Traffic Law Enforcement/ETLE) Mobile hingga Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memastikan proyek saringan sampah di Kali Ciliwung segmen Jalan TB Simatupang, perbatasan Jakarta Timur, dan Jakarta Selatan tetap berlanjut meski terkendala pembebasan lahan.

Berikut rangkuman beritanya:

1. Lemkapi apresiasi penerapan ETLE Mobile Polda Metro Jaya

Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) mengapresiasi penerapan tilang elektronik (Electronic Traffic Law Enforcement/ETLE) Mobile dengan memberi penghargaan Presisi Award kepada Polda Metro Jaya.

"Kami datang mewakili masyarakat menyampaikan apresiasi. Kami hadir menyampaikan terima kasih kepada Kapolda Metro Jaya dan anggotanya yang terus melengkapi kamera ETLE Mobile untuk mendukung instruksi Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo," kata Direktur Eksekutif Lemkapi Dr Edi Hasibuan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.
Selengkapnya di sini

2. Pemkot Jaksel harap beasiswa Baznas mampu entaskan kemiskinan

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) berharap beasiswa Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) Bazis mampu mengentaskan kemiskinan baik di daerah itu maupun DKI Jakarta.

"Kami harap dengan adanya bantuan beasiswa ini mampu mengantarkan 800 mahasiswa di Jakarta Selatan bisa mengenyam pendidikan hingga jenjang lebih tinggi," kata Wakil Wali Kota Jakarta Selatan Edi Sumantri saat ditemui di Jakarta, Kamis.
Selengkapnya di sini

3. Permohonan SKCK di Polrestro Jakpus naik 300 persen

Kepolisian Resor Metro (Polrestro) Jakarta Pusat mencatat peningkatan pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) sebesar 300 persen selama dua pekan terakhir pada Desember 2022.

"Kalau normal biasanya sebanyak 50 warga yang buat SKCK, tetapi saat ini terjadi lonjakan yang cukup tinggi hingga 300 persen pemohon pembuatan SKCK, atau dalam setiap harinya terdapat 300 pemohon," ujar Kaur Yanmin Satuan Intelijen Keamanan Polres Metro Jakarta Pusat Inspektur Polisi Dua (Ipda) Heru saat diwawancarai di Jakarta, Kamis.
Selengkapnya di sini

4. Pemprov DKI pastikan proyek saringan sampah di Kali Ciliwung berlanjut

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memastikan proyek saringan sampah di Kali Ciliwung segmen Jalan TB Simatupang, perbatasan Jakarta Timur, dan Jakarta Selatan tetap berlanjut meski terkendala pembebasan lahan.

"Untuk pembangunan saringan sampah ini tetap bisa dilanjutkan," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Asep Kuswanto di Balai Kota Jakarta, Kamis.
Selengkapnya di sini

5. Cengkareng jadi wilayah penanganan minyak jelantah terbaik di Jakbar

Kecamatan Cengkareng menjadi wilayah dengan penanganan pembuangan minyak jelantah atau minyak bekas pakai terbaik di Jakarta Barat.

"Cengkareng menjadi kecamatan tertinggi dari titik pengumpulan dan penanganan minyak jelantah. Mereka berhasil menangani minyak jelantah yang selama ini sering dibuang warga ke selokan, ke tanah," kata Direktur Eksekutif Rumah Sosial Kutub, Suhito saat dihubungi di Jakarta, Kamis.
Selengkapnya di sini

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022