Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua mengimbau kepada seluruh warga di wilayah itu tetap menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat atau kamtibmas menjelang  atal 25 Desember 2022 dan Tahun Baru 2023.

Pelaksana Harian Bupati Jayapura, Hana Hikoyabi, di Sentani, Papua, Jumat, mengatakan, di bulan yang penuh dengan kasih sayang harusnya ada sikap saling mengampuni agar damai Natal terus terjaga.

Baca juga: Arus mudik Natal dan Tahun Baru di bandara Sentani turun

Selain itu kata dia, bulan Desember merupakan akhir tahun di mana aktivitas warga mengalami peningkatan mulai dari kegiatan ekonomi hingga arus mudik.

"Meskipun aktifitas warga meningkat namun kami mengajak masyarakat agar tetap bersama-sama menjaga persatuan dan kerukunan agar kamtibmas tetap terjaga dengan baik," katanya.

Baca juga: Pos polisi dibakar di Sentani

Mereka juga meminta masyarakat agar tidak mengonsumsi maupun melakukan aktivitas jual beli minuman keras saat perayaan Natal.

"Kami sudah melarang penjualan miras di Kabupaten Jayapura tapi masih saja ditemukan orang yang mengonsumsi miras sehingga kami akan kembali melakukan penertiban," ujarnya.

Mereka akan meningkatkan pengawasan terhadap peredaran minuman beralkohol bersama pihak terkait menjelang Natal dan Tahun Baru di bumi 'Kenambai Umbai' tersebut.

Baca juga: Di Bandara Sentani penumpang naik 15-20 persen

"Yang terpenting ialah lakukan pengawasan terhadap peredaran miras sehingga selama natal dan tahun baru tidak ada masalah yang timbul akibat konsumsi miras," katanya. 

Ia meminta kepada Aparatur Sipil Negara di wilayah itu dan juga masyarakat agar dapat menyemarakkan suasana Natal di Sentani hingga ke seluruh kampung-kampung.

"Supaya suasana dan suka cita natal di Kabupaten Jayapura benar-benar dirasakan oleh semua masyarakat," ujarnya. 

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022