Hong Kong (ANTARA) - Daerah Administratif Khusus (SAR) Hong Kong memilih 36 kandidat sebagai deputi untuk badan legislatif tertinggi China, Kongres Rakyat Nasional (NPC) ke-14.

Para deputi tersebut dipilih melalui pemungutan suara yang bersifat rahasia dalam sidang pleno kedua Konferensi Pemilihan Deputi SAR Hong Kong untuk NPC ke-14 dengan dihadiri oleh 1.273 anggota.

Berdasarkan metode pemilihan, konferensi tersebut juga menentukan garis suksesi untuk lima kandidat lainnya, yang akan mengisi kekosongan jika salah satu deputi terpilih meninggalkan jabatannya.

Kepala Eksekutif SAR Hong Kong John Lee, yang juga menjabat sebagai Ketua Presidium konferensi elektoral itu, memimpin jalannya sidang pleno tersebut.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Komite Tetap NPC Yang Zhenwu mengucapkan selamat kepada para deputi terpilih dan memuji pemilihan itu sebagai proses yang terbuka, adil, dan objektif.

Zhenwu menyuarakan keyakinannya bahwa para deputi yang baru terpilih akan meneruskan tradisi patriotik, memberikan contoh baik dalam mematuhi Konstitusi Republik Rakyat China dan Undang-Undang Dasar SAR Hong Kong, serta sepenuhnya menerapkan prinsip "satu negara, dua sistem".

Para deputi terpilih juga diharapkan bersumpah setia kepada Republik Rakyat China dan SAR Hong Kong, sehingga dapat menjaga kedaulatan, keamanan, dan kepentingan pembangunan negara, sekaligus memberikan kontribusi baru dan lebih besar terhadap peremajaan nasional serta kemakmuran dan stabilitas jangka panjang Hong Kong.

Menurut metode SAR Hong Kong, hasil pemilihan deputi NPC ke-14 akan diserahkan ke Komite Tetap NPC untuk peninjauan kualifikasi.

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2022