Jakarta (ANTARA) - Kementerian Koperasi dan UKM mendukung program untuk disabilitas dengan tajuk “Karya Tanpa Batas” 2022 yang diinisiasi Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE-KIM) bekerja sama dengan sejumlah lembaga dan kementerian termasuk Kemenkop UKM.
Sebagai upaya mendukung kewirausahaan bagi teman disabilitas, Kemenkop UKM berkomitmen menyiapkan ekosistem terintegrasi, mengawal proses legalisasi badan usaha berbadan hukum sebagai konsolidator melalui Koperasi Pemasaran Tangguh Berdikari Indonesia.
 
"Kami dari Kemenkop UKM pada tanggal 20 Desember nanti akan berikan dua hal yang pertama adalah akta pendirian koperasi Tangguh Berdikari Indonesia, disamping itu kami akan berikan daftar atau sertifikat tanda daftar lembaga inkubator bisnis Perempuan Tangguh Indonesia," ujar Deputi Bidang Kewirausahaan Kemenkop UKM Siti Azizah dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat.
 
Azizah turut menuturkan harapannya agar teman disabilitas dapat menjadi wirausaha yang tangguh, inovatif dan berkelanjutan.

Dalam kesempatan yang sama, perwakilan OASE-KIM Suzana Teten Masduki juga menyampaikan agar kegiatan ini dapat mendorong peningkatan kapasitas kaum disabilitas.

"Kita harap akan menjadi event tahunan di bulan Desember, bukan sekadar merayakan hari disabilitas internasional, tapi untuk mendorong dan terus memantau peningkatan partisipasi kaum disabilitas di Indonesia, serta untuk menunjukkan pada penyandang disabilitas bahwa negara ada bersama mereka," ujar Suzana.
Baca juga: Inklusivitas ekonomi bagi penyandang disabilitas pada KTT G20

Adapun kegiatan tahunan ini, dalam rangkaiannya terdapat lomba gambar tingkat nasional yang telah diselenggarakan dan diikuti oleh artis penyandang disabilitas dari 34 provinsi di Indonesia.

Kemenkop UKM dan Kemendikbudristek bekerja sama di dalam lomba tersebut, dan telah terseleksi 93 gambar yang akan menjadi dasar desain industri kreatif dengan kontrak royalti antara Perempuan Tangguh Indonesia dengan para artis disabilitas. Selain itu, sebanyak tiga gambar terbaik akan dilelang pada acara puncak acara Karya Tanpa Batas.

Untuk diketahui, puncak acara Karya Tanpa Batas 2022 akan diselenggarakan pada tanggal 19 hingga 20 Desember 2022 di Gedung SMESCO Indonesia, dengan menghadirkan lebih dari 40 (empat puluh) booth atau gerai yang menampilkan berbagai produk karya teman disabilitas.

Selain itu, dalam dua hari pelaksanaan acara tersebut juga akan ada berbagai kelas workshop khusus bagi penyandang disabilitas, mulai dari kelas fesyen, pembuatan home décor macramé hingga pemasaran produk secara daring.

Baca juga: Memberdayakan kehidupan disabilitas, dari UMKM hingga pemahaman budaya

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022