Jakarta (ANTARA) - Industri pariwisata dan ekonomi Bali mulai berangsur pulih, hal ini dapat terlihat dari tingkat kunjungan wisatawan baik mancanegara maupun domestik yang terus menunjukkan tren positif.

Memanfaatkan momen tersebut, platform DreamWell menawarkan pengalaman one stop solution untuk berwisata di Bali, mulai dari penyediaan penginapan yang nyaman, makanan yang nikmat, pertunjukan budaya, aktivitas luar ruang, olahraga air, oleh-oleh khas, penyewaan transportasi, dan kebutuhan wisata lainnya.

Keseluruhan layanan tersebut dapat diakses selama 24/7 melalui telepon pintar, dan didukung dengan pembayaran non tunai, termasuk pembayaran digital berbasis QRIS dan Non-tunai lainnya sehingga memungkinkan para wisatawan untuk menikmati pengalaman liburan yang nyaman dengan mudah.

Untuk pembelian paket voucher DreamWell yang berisikan Poin DreamWell, wisatawan dapat mengakses laman mydreamwell.com atau melalui aplikasi Netzme dan untuk pemakaian (redeem) promo voucher.

Menurut CEO DreamWell Andres Soriano, PT Dream Wisata Indonesia (DreamWell) berfokus untuk memenuhi antusiasme para wisatawan guna menikmati keindahan Indonesia.

"Layanan wisata yang ditawarkan DreamWell ini merupakan hasil kolaborasi dengan TX Travel sebagai induk jaringan pariwisata dan Netzme sebagai exclusive partner platform penyedia jasa sistem pembayaran digital yang sudah memiliki jumlah pengguna terdaftar lebih dari 3,5 juta serta telah bekerjasama dengan berbagai institusi dan asosiasi di Indonesia untuk mendorong pertumbuhan penggunaan pembayaran digital dalam negeri," ujar Andres melalui siaran resminya, Senin.

Kolaborasi ini dapat terwujud karena DreamWell dan Netzme memiliki misi yang serupa yaitu berupaya membangkitkan kembali pariwisata di Bali dengan mengajak berbagai usaha untuk memasuki era digital #GrowLocalGoDigital serta memberikan pengalaman liburan yang nyaman kepada para wisatawan #DreamWellTripWell.

Kolaborasi ini bertujuan untuk bersama-sama merangkul berbagai usaha di pulau Bali dari skala mikro hingga skala korporasi, sehingga DreamWell Indonesia membuka pintu kepada berbagai pihak untuk berkolaborasi.

"Kami sebagai menyediakan wadah promosi dan memperluas market awareness terhadap usaha-usaha seluruh mitra kepada masyarakat luas melalui media digital yang dapat diakses 24/7," kata Andres.

Berdasarkan data BPS Bali, tercatat tingkat kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang datang langsung ke Provinsi Bali pada Oktober 2022 sebanyak 305.244 kunjungan atau naik 4,84 persen dibandingkan periode bulan sebelumnya yang tercatat sebanyak 291.162 kunjungan.

Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel berbintang pada Oktober 2022 tercatat sebesar 46,28 persen, atau naik 28,55 poin, dibanding TPK Oktober 2021 yang mencapai 17,73 persen (y-o-y). Sementara, TPK hotel non bintang sebesar 22,98 persen, naik 0,80 poin dibandingkan bulan September 2022.

Sementara dari sisi pertumbuhan ekonomi, apabila diakumulasikan pertumbuhan triwulan I-2022 sampai dengan triwulan III-2022, maka tingkat pertumbuhan ekonomi Bali pada Januari-September 2022 tercatat tumbuh sebesar 4,19 persen (c-to-c).

Dibandingkan pertumbuhan ekonomi Bali triwulan III-2022 dengan periode yang sama tahun sebelumnya (y-on-y), tercatat ekonomi Bali tumbuh sebesar 8,09 persen. Kenaikan pertumbuhan ekonomi Bali tak terlepas dari penyelenggaraan KTT G20.

Dampak dari sejumlah rangkaian pertemuan Presidensi G20 di Bali, tingkat hunian hotel meningkat mencapai 60-85 persen, terutama di daerah Kuta Selatan atau Kawasan Nusa Dua sudah mencapai 80 sampai 90 persen. Dengan adanya Presidensi G20 ini merupakan salah satu promosi Pulau Dewata dan Indonesia ke dunia.

CEO Netzme Vicky G Saputra mengatakan, Netzme merupakan salah satu platform penyedia jasa sistem pembayaran digital terkemuka yang sudah berizin dan berlisensi Bank Indonesia.

Kolaborasi dengan DreamWell merupakan wujud komitmen Netzme dalam upaya memajukan pariwisata Indonesia sekaligus UMKM lokal yang ada di Bali.

"Kami sebagai perusahaan jasa pembayaran digital sangat siap untuk melakukan kolaborasi-kolaborasi seperti ini," kata Vicky.

Melalui kolaborasi ini, Netzme memberikan dukungan berupa sistem pembayaran digital kepada DreamWell seperti QRIS dan transfer Bank. Selain itu, pengguna DreamWell hanya dapat me-redeem points via aplikasi Netzme pay.

Baca juga: Bank Maju dan Netzme kolaborasi rilis layanan transaksi berbasis QRIS

Baca juga: Lima aplikasi wajib pasang selama mudik Lebaran

Baca juga: BRI dan Traveloka luncurkan fitur "Travel" di aplikasi BRImo

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022