Bela Negara merupakan kehormatan bagi setiap warga negara yang mesti dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab, dan rela berkorban
Jakarta (ANTARA) - Wali Kota Jakarta Utara mengajak jajarannya berpartisipasi membangun sumber daya manusia (SDM) unggul  dengan cara meningkatkan produktivitas, inovasi, dan daya saing, saat menjadi inspektur upacara menyambut Hari Bela Negara ke-74.

"Seluruh warga  harus memiliki semangat, kesadaran, dan kemampuan bela negara. Kita harus terus membangun sumber daya manusia yang unggul, produktif, inovatif, dan berdaya saing," kata Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim di Jakarta Utara, Senin.

Ali menyampaikan  Presiden Joko Widodo dalam pidatonya pada peringatan Hari Bela Negara 2022, Senin, mengajak kepada seluruh komponen bangsa untuk ikut bersama-sama menunaikan tugas dan kewajiban membela negara sesuai peran dan profesi masing-masing.

"Bela Negara merupakan kehormatan bagi setiap warga negara yang mesti dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab, dan rela berkorban dalam pengabdian kepada bangsa dan negara," terangnya.

Tema 'Bangkit Bela Negaraku, Jaya Indonesiaku' diangkat pada momentum peringatan Hari Bela Negara tahun 2022 ini diharapkan dapat meningkatkan daya tahan dan  ketangguhan seluruh komponen bangsa  menghadapi situasi yang semakin berkembang pesat dan kompleks di segala bidang saat ini.

Dan 'Bela Negara' harus terwujud dari sikap, perilaku, serta tindakan warga negara, baik perseorangan maupun kolektif, dalam menjaga kedaulatan, keutuhan wilayah, serta keselamatan bangsa dan negara.
Baca juga: UI siap jalankan program griya moderasi beragama dan bela negara
Baca juga: Wantannas sebut penguatan bela negara penting bagi generasi muda
Baca juga: Danlantamal VIII: Bela negara kepentingan semua komponen bangsa

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022