Dukungan konkret Uncen, sebut dia, menghadirkan sekolah vokasi untuk menjawab kebutuhan pembangunan potensi alam di Papua Barat Daya
Sorong (ANTARA) - Universitas Cendrawasih (Uncen) siap melahirkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan mumpuni guna membantu pembangunan di setiap daerah di Papua, khususnya di Papua Barat Daya.

Ketua Program Studi Magister Manajemen Universitas Cendrawasih (Uncen) Ferdinan Risamasu di Sorong, Kamis, menjelaskan pembangunan daerah yang berkaitan dengan optimalisasi potensi alam yang dimilikinya tentu tidak terlepas dengan SDM yang mumpuni.

Baca juga: Kemendikbudristek minta Uncen lebih kreatif setelah jadi BLU

"Papua Barat Daya sangat terkenal dengan kekayaan alam yang dimilikinya, seperti pariwisata, tambang, hutan yang luas, perikanan dan kelautan, itu hanya bisa berkembang jika SDM-nya sangat mapan," katanya.

Dukungan konkret Uncen, sebut dia, menghadirkan sekolah vokasi untuk menjawab kebutuhan pembangunan potensi alam di Papua Barat Daya.

Karena di Kampus Uncen, tidak hanya membuka program-program studi S1, S2, S3 yang sifatnya umum, melainkan di dalamnya terdapat hukum, bisnis, perminyakan, teknik, perikanan dan kelautan, pariwisata.

"Jadi peran Uncen di sini adalah bagaimana menyiapkan SDM yang unggul dan mumpuni berdasarkan kebutuhan setiap daerah, itu dukungan konkret Uncen terhadap pembangunan di setiap daerah di Papua," bebernya.

Dia menyebutkan, Kota Sorong sebagai ibu kota Provinsi Papua Barat Daya dulu dikenal dengan istilah 'kota minyak' dan 'kota jasa'. Namun kota jasa yang dimaksud belum terlalu jelas dan tampak sesuai dengan predikat yang disematkan itu.

Baca juga: Uncen rumuskan strategi transformasi penerapan BLU

"Kota Jasa ini tidak jelas, kita mau ke mana arahnya, jasa itu banyak yang kita bisa usahakan jasa itu wujudnya apakah jasa wisata, jasa kuliner, jasa perhotelan atau jasa untuk dijadikan sebagai kota kunjungan atau sebagai kota pertemuan," bebernya.

Menurut dia, persoalan ini yang tidak pernah terpikirkan dan barangkali nanti ke depan, hal ini harus dibuat supaya provinsi ini berkembang melalui penguatan SDM yang mumpuni sehingga pertumbuhan ekonomi di ibu kota provinsi ke-38 itu bisa tumbuh dan berkembang.

"Karena sejalan dengan status Kampus Uncen menjadi badan layanan umum maka kita siapkan SDM berdasarkan kebutuhan setiap daerah sebagai sumbangan dan dukungan kita membangun Tanah Papua," ujarnya.

Ini, kata dia, juga menjadi harapan Penjabat Gubernur Papua Barat Daya Muhammad Musa'ad kepada Uncen untuk ikut berperan di dalam pembangunan guna memberdayakan sumber daya alam yang ada di Papua Barat Daya.

Baca juga: Gubernur PBD: Uncen harus jadi 'payung' bagi perguruan lain di Papua

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024