"Posko mulai dibuka 19 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023. Posko yang berlokasi di area keberangkatan ini, dibentuk dengan tujuan untuk mengawasi pergerakan arus pesawat, penumpang dan kargo," kata General Manager Bandara Internasional Sultan Hasanu
Makassar (ANTARA) - PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Sultan Hasanuddin membuka Posko Terpadu Angkutan Udara Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 selama 16 hari ke depan.

"Posko mulai dibuka 19 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023. Posko yang berlokasi di area keberangkatan ini, dibentuk dengan tujuan untuk mengawasi pergerakan arus pesawat, penumpang dan kargo," kata General Manager Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Wahyudi disela pembukaan posko tersebut di Makassar, Senin.

Apel Posko Terpadu Angkuran Udara Nataru 2022/2023 dihadiri oleh sejumlah pemangku kepentingan bandara diantaranya Perwakilan Otoritas Bandara Wilayah V Makassar, Perwakilan dari TNI, Perwakilan dari Kepolisian, Perwakilan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Makassar, Perwakilan dari Airnav, dan station manager maskapai.

Wahyudi mengatakan, Posko ini didirikan untuk memastikan operasional bandara berjalan dengan baik, memberikan pelayanan informasi, keamanan, dan kesehatan bagi pengguna jasa bandara.

Mengenai protokol kesehatan, ia mengatakan tetap diterapkan.

Dia mengatakan, guna meningkatkan pelayanan, berbagai persiapan dan koordinasi telah dilakukan seperti memastikan sarana dan prasarana di bandara berfungsi dengan baik dan menyiapkan rencana untuk mengantisipasi kemungkinan adanya insiden.

Dari segi keamanan, pihak bandara bekerjasama dengan TNI dan Kepolisian untuk turut serta menjaga dan membantu meningkatkan keamanan selama periode Natal dan Tahun Baru 2022/2023.

"Pihak bandara juga memanfaatkan teknologi terpadu melalui Airport Operation Control Center (AOCC) sebagai pusat pantauan keamanan melalui CCTV, dan pantauan pergerakan secara keseluruhan di Bandara,' ujar Wahyudi.

Dari segi pelayanan kesehatan, akan ada petugas dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Makassar yang akan bertugas di bandara.
 
Suasana pembukaan Posko Natal dan tahun baru 2023 oleh General Manager Bandara internasional Wahyudi area Kedatangan penumpang di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, Senin (19//12/2022)3cx

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022