diprediksi terjadi kenaikan jumlah penumpang sebesar 35 persen
Sidoarjo (ANTARA) -
Bandara Internasional Juanda Surabaya membuka posko dalam rangka menyambut libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di lobi Terminal 1 (T1), Selasa.
 
General Manager Bandar Udara Internasional Juanda Sisyani Jaffar di Sidoarjo, Selasa mengatakan posko angkutan udara Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 akan dilaksanakan selama 16 hari yaitu sejak tanggal 19 Desember 2023 (H-6) sampai dengan 3 Januari 2023 (H+2).
 
"Selama periode tersebut Bandar Udara Internasional Juanda akan menambah jam operasional dari sebelumnya beroperasi mulai pukul 05.00 WIB hingga 21.00 WIB menjadi mulai pukul 05.00 WIB hingga 22.00 WIB," ujarnya.
 
Ia mengatakan, sesuai arahan dari Kementerian Perhubungan, Posko Terpadu Angkutan Udara Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 untuk memantau dan memastikan arus pergerakan pesawat, penumpang, dan barang selama libur natal dan tahun baru, berjalan dengan aman, tertib, nyaman dan lancar.

Baca juga: Bandara Jambi pastikan kesiapan personel hadapi lonjakan penumpang
Baca juga: Bandara Ngurah Rai buka posko Natal antisipasi lonjakan penumpang
 
Ia mengatakan, perkiraan puncak pergerakan pesawat dan penumpang libur natal diperkirakan akan terjadi pada tanggal 22 Desember 2023 dengan perkiraan jumlah penumpang pesawat udara yang tiba dan pergi melalui Bandara Internasional Juanda pada hari itu sebanyak 56.391 penumpang yang terdiri dari rute domestik 46.089 penumpang dan rute internasional 10.302 penumpang.
 
Sedangkan untuk libur tahun baru, kata dia, diprediksi terjadi pada tanggal 29 Desember 2023 dengan perkiraan pergerakan penumpang pesawat udara sebanyak 49.152 penumpang yang terdiri dari rute domestik 38.880 penumpang dan rute internasional 10.272 penumpang.
 
Sementara untuk pengajuan penambahan penerbangan, ia menjelaskan,  pihak bandara telah menerima pengajuan dari enam maskapai dengan total 187 penerbangan yang terdiri dari maskapai yakni Garuda Indonesia 24 penerbangan, Citilink 48 penerbangan, Air Asia 64 penerbangan, Lion Air 39 penerbangan, Batik 6 penerbangan dan Nam Air 6 penerbangan. Rute tambahan penerbangan pada pergerakan periode libur Natal dan Tahun Baru ini adalah Denpasar, Jakarta, Lombok, Beurau dan Pangkalanbun.
 
"Pada periode Posko Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024 di Bandar Udara Internasional Juanda dibandingkan dengan periode Natal dan Tahun Baru sebelumnya, diprediksi terjadi kenaikan jumlah penumpang sebesar 35 persen dan pergerakan pesawat sebesar 34 persen," katanya.

Baca juga: Posko Terpadu di Bandara Hasanuddin resmi beroperasi
Baca juga: AP I prediksi pergerakan pemudik di bandara El Tari naik 10 persen
 
Pada pelaksanaan Posko Terpadu Angkutan Udara Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Bandara Internasional Juanda bekerja sama dengan banyak pihak yang terlibat dalam Posko Terpadu yakni Lanudal Juanda, Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah III, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I, Perum LPPNPI, airlines, ground handling, BMKG, Imigrasi, dan Bea Cukai.
 
“Hal ini sebagai wujud sinergi sebagai pengelola bandar udara bersama stakeholders guna menjamin kelancaran angkutan natal dan tahun baru serta meningkatkan pemenuhan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan sesuai dengan program 3S +1C (Safety, Security, Services dan Compliance)," ucap Sisyani Jaffar.
 
Sementara itu, manajemen Bandar Udara Internasional Juanda juga melakukan langkah antisipasi terhadap cuaca ekstrem karena Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi pada Desember akan terjadi hujan yang cukup sering.

Baca juga: Bandara Semarang layani 7.000 penumpang per hari saat libur Natal
Baca juga: Bandara Lombok siapkan posko pelayanan Natal dan Tahun Baru
Baca juga: Bandara Pangkalpinang siapkan 270 personel siaga Natal dan tahun baru

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023