Jakarta (ANTARA) - Aktris asal Korea Selatan Kim Sae-ron pada Senin didakwa tanpa hukuman penahanan dengan tuduhan mengemudikan mobil di bawah pengaruh alkohol atau driver under influence (DUI) yang terjadi pada Mei lalu, menurut keterangan dari pejabat pengadilan di negara itu.

Baca juga: Jun. K 2PM tertangkap menyetir saat mabuk

Sebagaimana laporan yang disiarkan Yonhap, Senin, perempuan berusia 22 tahun itu sebelumnya telah diselidiki oleh pihak berwenang menyusul insiden kecelakaan mobil di Cheongdam-dong, Seoul selatan, pada 18 Mei.

Dalam insiden itu, Kim menabrakkan mobilnya ke pagar pengaman dan pepohonan saat mengemudi di bawah pengaruh alkohol. Secara khusus, dia menabrak trafo sehingga memutuskan aliran listrik di 57 toko di area tersebut.

Pemeriksaan tingkat alkohol dalam darah Kim menunjukkan kadar lebih dari 0,2 persen pada saat itu. Angka itu jauh melebihi ambang batas 0,08 persen. Berdasarkan peraturan di Korea Selatan, izin mengemudi dapat dicabut bila kandungan alkohol dalam darah lebih dari 0,08 persen.

Polisi memindahkan kasus Kim kepada kejaksaan pada 28 Juni lalu. Pihak kejaksaan kemudian memutuskan dakwaannya setelah hampir enam bulan. Seorang penumpang berusia 20-an yang mengendarai mobil Kim juga didakwa tanpa penahanan karena dinilai mendukung tindakan mengemudi di bawah pengaruh alkohol.

Kim sendiri dikenal di dunia hiburan Korea Selatan setelah memulai debut sebagai aktris cilik dan telah muncul dalam film-film seperti "The Man from Nowhere", "Neighbours" dan "Barbie", serta beberapa drama seperti "The Queen's Classroom" dan "Secret Healer."



Baca juga: Lim Young-min tinggalkan AB6IX gara-gara mabuk saat menyetir

Baca juga: Aktor Kwak Do-won kedapatan mengemudi dalam keadaan mabuk

Baca juga: Dicurigai menyetir sambil mabuk, suami Ketua DPR AS ditahan

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022