agar dapat lebih aktif bertransaksi dalam jaringan (daring) atau online
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Sudin PPKUKM) Kepulauan Seribu mengenalkan situs jejaring berjualan daring (marketplace) khusus pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) setempat dengan nama domain pasar1000.com.

Kepala Seksi Industri Sudin PPKUKM Kepulauan Seribu Deny Listiantoro dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa, mengatakan pasar1000.com merupakan kios dagang virtual yang saat ini sudah bisa menampilkan produk-produk UMKM Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan.

Terdapat 16 toko daring yang saat ini sudah bisa menampilkan produk-produk UMKM Pulau Tidung di pasar1000.com.

Sebagai projek awalan (pilot project), kata Deny, toko-toko itu baru dapat diakses tamu tempat penginapan (homestay) di Pulau Tidung saja.

Baca juga: Pemkot Jaktim sebut tiap tahun jumlah pelaku UMKM bertambah 12 ribu

Adapun cara mengakses situs jejaring itu ada dua. Pertama, mengarahkan kamera ponsel untuk memindai kode batang (barcode) yang ditempel pada sejumlah tempat strategis di Pulau Tidung.

Kedua, tamu penginapan dan wisatawan menjelajahi pasar1000.com dari aplikasi penjelajah internet (browser) di ponsel masing-masing dan berbelanja daring seperti biasa (memilih produk, memasukkan ke keranjang dan melakukan pembayaran (checkout) pesanan lewat transfer antarbank).

"Projek awal ini untuk mendorong para pelaku UMKM binaan Pemprov DKI Jakarta dalam Jakpreneur agar dapat lebih aktif bertransaksi dalam jaringan (daring) atau online," ujar Deny.

Deny berharap adanya pasar1000.com menghadirkan terobosan aktif para pelaku UMKM di Kepulauan Seribu untuk mengakses pasar yang lebih luas, dengan membangun kerja sama yang saling menguntungkan dengan pemilik tempat penginapan (homestay).

Baca juga: DKI fasilitasi peningkatan usaha 336.528 Jakpreneur

Supaya omzet pemilik toko daring meningkat dan pasar1000.com memberikan lebih banyak kemudahan kepada wisatawan untuk bertransaksi di Kepulauan Seribu lewat sarana atau fasilitas "marketplace" yang didukung oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu.

​"Para pelaku UMKM atau Jakpreneur di Pulau Tidung mesti lebih aktif memperkenalkan produk-produk UMKM di Pulau Tidung kepada para wisatawan yang berkunjung. Harapannya dengan kehadiran laman ini dapat membantu menaikkan omzet," katanya.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022