Beijing, China (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping Senin mengirimkan surat ucapan selamat kepada Festival Seni Arab kelima, yang dibuka di Jingdezhen, provinsi Jiangxi, China timur.

Dalam surat itu, Xi memuji persahabatan yang bertahan lama dan semakin kuat antara China dan negara-negara Arab.

Sejak peluncuran Jalur Sutra kuno hingga upaya bersama mengejar Inisiatif Sabuk dan Jalur Sutra, China dan negara-negara Arab telah bekerja saling bahu-membahu dan membuahkan hasil bermanfaat dalam pertukaran antarmasyarakat dan hubungan kerja sama, kata Xi.

Xi mengungkapkan harapan bahwa kedua belah pihak dapat memanfaatkan Festival Kesenian Arab kelima ini sebagai kesempatan untuk menyampaikan hasil yang dicapai dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) China-Arab pertama.

Dia juga berharap agar kedua belah pihak dapat mempromosikan semangat Jalur Sutra, mengonsolidasikan persahabatan tradisional, dan memperkuat pertukaran antarmasyarakat, guna menyuntikkan dorongan abadi untuk memperdalam kemitraan strategis China-Arab dan berkontribusi dalam membangun komunitas China-Arab dengan masa depan bersama di era baru.

Festival Kesenian Arab kelima yang dibuka pada Senin diselenggarakan bersama oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata China, Kementerian Luar Negeri China, pemerintah Provinsi Jiangxi, dan Sekretariat Jenderal Liga Arab, demikian Xinhua dikutip Selasa.


 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022