Sidoarjo (ANTARA) -
Petugas Kepolisian Resor Kota Sidoarjo, Jawa Timur, menyiagakan anjing pelacak untuk membantu pengamanan saat pelaksanaan Natal dan tahun baru 2023 di kabupaten setempat.

 Kepala Satuan Samapta Polresta Sidoarjo Kompol Warih Hutomo di Sidoarjo, Selasa, mengatakan anjing pelacak dari unit satwa K-9 itu dilakukan untuk membantu pengamanan saat Natal dan tahun baru.

 "Kesiapan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan yang terjadi di lapangan," katanya.

Ia mengatakan, unit K-9 atau unit satwa yang dimiliki Polresta Sidoarjo merupakan satwa anjing pelacak yang memiliki kemampuan penangkapan, deteksi, pencarian dan penyelamatan.

 “Kami siapkan beberapa ekor anjing pelacak memiliki kemampuan deteksi untuk sterilisasi gereja," katanya.

 Ia mengatakan, personel Polri yang tergabung dalam unit K-9 tersebut sebelumnya telah mengikuti pelatihan khusus K-9 yang diadakan oleh Mabes Polri.

 "Unit K-9 Polresta Sidoarjo juga pernah mengikuti pengamanan KTT G20 yang diselenggarakan di Bali, November 2022 lalu," katanya.

Ia mengatakan, unit K-9 tersebut nantinya akan ditugaskan untuk melakukan sterilisasi dan mengamankan gereja serta objek vital selama Natal dan tahun baru. Beberapa Unit K-9 yang terlatih akan bergiliran melaksanakan tugas setiap harinya.

"Harapan kami tugaskan Unit K-9 tersebut, dalam rangka untuk memberikan rasa aman kepada Jemaat yang akan melakukan rangkaian ibadah Natal dan tahun baru, serta bergantian melakukan pengamanan di beberapa objek vital,” ujar Warih.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022