Sistem cadangan kesehatan harus kita persiapkan
Makassar (ANTARA) - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan penyediaan
​sumber daya atau tenaga cadangan saat terjadi musibah merupakan hal yang begitu penting sehingga harus dipersiapkan  sejak awal.

"Sistem cadangan kesehatan harus kita persiapkan. Kita harus identifikasi apalagi kita pernah menghadapi berbagai bencana kemanusiaan seperti tsunami, gunung meletus, longsor hingga pandemi," ujarnya saat menghadiri pencanangan cadangan kesehatan di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu.

Ia menjelaskan, dirinya dalam suatu acara penandatanganan Kemenhan dan WHO, bertemu Menhan Prabowo Subianto. Menhan mengakui pentingnya mempersiapkan cadangan kesehatan dalam mengantisipasi berbagai bencana kesehatan.

Sama halnya setiap negara dalam menjaga dan mempertahankan kedaulatan negara, maka mereka berlomba-lomba mempersiapkan prajurit cadangan mengantisipasi perang sesama manusia.

Baca juga: Menkes yakin tidak akan ada lonjakan kasus COVID-19 saat libur Natal

Baca juga: Menkes sebut Indonesia butuh ribuan dokter spesialis


Begitupun Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dengan ketersediaan anggaran yang dimiliki, kata dia, harus lebih siap lagi karena bencana kesehatan itu memakan korban yang besar.

"Itulah mengapa begitu penting teman-teman mempersiapkan sistem cadangan kesehatan. Saya itu orangnya tidak sabaran, saya ingin setelah kegiatan ini ada latihan-latihan (hadapi bencana), dipersiapkan konsepnya secara matang dan kita siap membantu jika dibutuhkan," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Kunta Wibawa Dasa Nugraha, mengatakan pencanangan dan sosialisasi tenaga cadangan kesehatan ini diharapkan semakin menguatkan sistem kesehatan.

Cadangan kesehatan yang telah dipersiapkan, kata dia, tentu bisa dimobilisasi sewaktu -waktu untuk menuju lokasi bencana yang kemudian diperkuat dengan evaluasi.

"Pada kesempatan pencanangan ini, kita ingin perkenalkan dan mengajak masyarakat, institusi hingga lintas sektor untuk bersama-sama membangun kesepahaman dalam pencadangan tenaga kesehatan," ujarnya.

Baca juga: Kemenkes siapkan 5 juta Pramuka jadi tenaga kesehatan cadangan

Baca juga: 1.117 relawan kesehatan akan jangkau area terpencil terdampak bencana

 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022