Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva di Jakarta, Rabu mengatakan bahwa hubungan bilateral antara Rusia dan Indonesia selama satu tahun terakhir mengalami pertumbuhan yang positif, di tengah berbagai tantangan yang terjadi.

Salah satu pertumbuhan positif tersebut tercermin dalam hubungan perdagangan kedua negara yang meningkat sebesar lebih dari 50 persen hingga bulan September lalu. Ia meyakini bahwa pada tahun 2023 mendatang angka tersebut diperkirakan akan lebih tinggi lagi.

Indonesia dan Rusia memiliki target untuk mencapai jumlah total perdagangan sebesar 5 miliar dolar AS. Menurut Vorobieva, jika tren perdagangan yang meningkat antara kedua negara terus berlanjut, target tersebut dapat dicapai pada tahun 2023.

Selain itu, pada pekan lalu pihaknya juga telah memulai negosiasi dengan Indonesia terkait Kesepakatan Perdagangan Bebas Indonesia dengan Eurasian Economic Union. Langkah ini disebut sebagai indikasi perkembangan hubungan yang positif.

Di luar hubungan perdagangan, menurut Vorobieva, pimpinan kedua negara juga telah melakukan sejumlah kontak selama tahun 2022, salah satunya yakni dalam kunjungan Presiden Joko Widodo ke Moskow pada bulan Juni lalu.

Selain itu, percakapan juga dilakukan melalui setidaknya dua sambungan telepon.

“Terkait hubungan politik, kami sangat berterima kasih kepada pihak Indonesia untuk sikap yang sangat imbang yang diambil oleh Indonesia,” tambah Vorobieva.

Hal itu terutama berkaitan dengan hubungan kedua negara di tengah peperangan yang terjadi di Ukraina. Ia mengatakan bahwa meski ada berbagai tekanan dari negara-negara lain, hubungan bilateral kedua negara tidak terdampak dan dia berharap agar hubungan tersebut terus berkembang secara positif.

“Untuk tahun depan, kami menantikan adanya sejumlah hal penting dalam hubungan kedua negara,” tambahnya.

Adapun dari segi pendidikan, pihaknya berniat untuk meningkatkan jumlah pelajar Indonesia yang menuntut ilmu di Rusia.

Sebanyak 700 pelajar asal Indonesia menempuh studi di negara tersebut. Sebanyak 261 beasiswa telah dikeluarkan pada tahun ini dan Vorobieva berharap angka tersebut dapat meningkat hingga 300 beasiswa pada tahun depan.

Baca juga: Mengulik rahasia hubungan persaudaraan Indonesia-Rusia
Baca juga: Indonesia dan Rusia bahas peningkatan hubungan bilateral
Baca juga: Rusia garisbawahi hubungan konstruktif dengan Indonesia di HUT RI

Pewarta: Aria Cindyara
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2022