Jakarta (ANTARA) - Terdapat sejumlah berita penting dan menarik bidang ekonomi pada Rabu (21/12/2022) yang masih layak disimak pada Kamis pagi ini, mulai dari Indonesia menghentikan ekspor bijih bauksit mulai Juni 2023 hingga rupiah diperkirakan akan menguat pada 2023.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca :

1. Presiden Jokowi: Indonesia stop ekspor bijih bauksit mulai Juni 2023

Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa Indonesia akan menghentikan ekspor bijih bauksit mulai Juni 2023 untuk mendorong industri pengolahan dalam negeri.

"Mulai Juni 2023 pemerintah akan memberlakukan pelarangan ekspor bijih bauksit dan mendorong industri pengolahan dan pemurnian bauksit di dalam negeri," kata Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka Jakarta pada Rabu.

Baca berita lengkapnya di sini

2. Menkeu: Tantangan di 2023 akan semakin kompleks dan tak terprediksi

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan tantangan pada tahun 2023 akan semakin kompleks dan polanya menjadi sangat tidak terprediksi.

"Ini karena ada aspek geopolitik, aspek keamanan dan aspek perang, selain aspek ekonomi seperti krisis pangan dan energi, yang sumbernya kadang-kadang juga berasal dari nonekonomi," ungkap Sri Mulyani dalam acara "Stakeholder Gathering DJPPR 2022" secara daring di Jakarta, Rabu.

Baca berita lengkapnya di sini

3. Luhut: Lima DPSP tuntas pada 2024, perlu tambahan Rp15 triliun

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan pengembangan lima destinasi pariwisata superprioritas (DPSP) tuntas pada triwulan III 2024.

Kelima DPSP yang tengah dikebut pengembangannya yaitu Danau Toba di Sumatera Utara, Borobudur di Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, dan Likupang di Sulawesi Utara.

Baca berita lengkapnya di sini

4. Menperin : Insentif kendaraan listrik dorong hilirisasi manufaktur

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menegaskan bahwa pemberian insentif untuk mobil dan motor listrik bertujuan untuk mendorong hilirisasi dan pertumbuhan manufaktur di Indonesia.

“Ini juga dalam rangka mendorong hilirisasi dan insentif ini kita pelajari dari negara-negara lain yang penggunaan motor dan mobil listriknya jauh lebih tinggi dari Indonesia,” ujarnya dalam acara Outlook Perekonomian Indonesia 2023 Menjaga Resiliensi Ekonomi Melalui Transformasi Struktural yang disiarkan secara daring di Jakarta, Rabu.

Baca berita lengkapnya di sini

5. BI perkirakan rupiah akan menguat pada 2023

Bank Indonesia memperkirakan rupiah akan menguat pada 2023 karena ketidakpastian global menurun setelah bank sentral Amerika Serikat The Fed berhenti menaikkan suku bunga acuan pada kuartal I 2023.

"Capital account akan masuk, begitu pula PMA (Penanaman Modal Asing) dan portofolio investasi. Sehingga kami perkirakan nilai tukar rupiah (NTR) ke depan akan cenderung menguat ke arah fundamental," kata Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam Seminar Outlook Ekonomi Indonesia 2023 di Jakarta, Rabu.

Baca berita lengkapnya di sini

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022