Sesuai arahan Menteri BUMN, kami siap membantu ketersediaan bahan pangan saat menghadapi liburan Natal dan Tahun Baru 2023..
Surabaya (ANTARA) - Direktur Utama PT Perikanan Indonesia Sigit Muhartono memastikan stok ikan cukup untuk memenuhi kebutuhan permintaan konsumen menjelang Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

"Stok ikan PT Perikanan Indonesia yang tersimpan dalam cold storage yang tersebar di seluruh Indonesia aman untuk mengantisipasi lonjakan permintaan menjelang akhir tahun," kata Sigit Muhartono dalam keterangan yang diterima di Surabaya, Kamis.

Sigit mengatakan perusahaan menjamin dapat memenuhi kebutuhan konsumen domestik maupun internasional saat Natal dan Tahun Baru 2023.
Baca juga: Pemangku Kepentingan MSC: Penurunan stok ikan ancaman terbesar lautan

Ia mengemukakan bahwa data stok produk perikanan di seluruh cold storage PT Perikanan Indonesia tercatat 673 ton. Adapun komoditas unggulan yang tersimpan antara lain ikan cakalang, ikan deho, tuna loin, gurita, ikan layang, ikan kembung, sotong, baby tuna dan udang.

Stok ikan tersebut tersimpan di cold storage di beberapa lokasi kantor cabang seperti Jakarta, Sorong, Ambon, Bitung, Bacan, Belawan, Brondong, Pemangkat, Makassar, Benoa, dan Pekalongan.

"Sesuai arahan Menteri BUMN, kami siap membantu ketersediaan bahan pangan saat menghadapi liburan Natal dan Tahun Baru 2023 sekaligus memenuhi kebutuhan masyarakat," ujar Sigit.
Baca juga: Legislator minta komoditas ikan harus murah dan selalu tersedia

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir telah menginstruksikan perusahaan pangan yang tergabung dalam Holding BUMN ID FOOD untuk memonitor perkembangan ketersediaan bahan pokok jelang Natal dan tahun baru.

Tren kebutuhan bahan pangan saat akhir tahun akan mengalami peningkatan dan BUMN harus hadir dalam memenuhi kebutuhan tersebut.​​​​​​​

Sigit tidak menampik ada peningkatan harga komoditas ikan tetapi tidak terlalu signifikan. Harga ikan diperkirakan naik 10 persen pada H-2 sebelum Natal hingga H-1 sebelum tahun baru karena meningkatnya permintaan.

Baca juga: KKP pastikan stok ikan aman untuk periode Natal dan tahun baru

Pewarta: Willi Irawan
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022