Jakarta (ANTARA) - Sebuah penelitian dari Harvard Medical School menunjukkan traveling berdua dengan ibu bisa membuat umur lebih panjang karena dapat membantu mempererat ikatan atau hubungan ibu dan anak.

Ikatan yang semakin erat ini secara tidak langsung meningkatkan kualitas kesehatan, seperti meredakan stres, meningkatkan imunitas dan suasana hati, sampai menurunkan risiko penyakit jantung.

Berikut rekomendasi tujuh aktivitas yang bisa dilakukan bersama ibu seperti disiarkan keterangan tertulis Pegipegi, Kamis:

Staycation, makan malam, hingga spa di hotel

Staycation di hotel yang terjangkau dari tempat tinggal dapat menjadi pilihan praktis yang mengasyikkan. Selama di hotel, aktivitas yang bisa dilakukan dapat bercengkerama dengan ibu sambil melihat tayangan televisi atau streaming film di kamar. Setelahnya, cobalah memanjakan diri di layanan spa pada sore hari, dan makan malam di restoran hotel.

Baca juga: Mau jalan-jalan? Simak panduan kelas hingga tips pilih kursi di kereta

Baca juga: Inilah rekomendasi destinasi panorama indah Indonesia


Jalan-jalan dan piknik di taman atau hutan kota

Sosok ibu biasanya sangat menyukai hal-hal seputar tanaman, berkebun, dan aktivitas sejenis lainnya. Ajak ibu bepergian ke taman atau hutan kota untuk piknik sambil berbincang-bincang akrab dengannya.

Sejumlah destinasi favorit memiliki taman atau hutan kota yang mengesankan. Misalnya, di Jakarta seperti Hutan Kota GBK, Tebet Eco Park, dan Urban Forest Cipete. Di Yogyakarta misalnya Hutan Pinus Mangunan, Taman Nasional Kalibiru, dan Pinus Pengger. Sedangkan di Bogor dan sekitarnya ada Kebun Raya Bogor dan Ecopark Art Sentul.

Menikmati sunset di pinggir pantai

Sebagai sebuah negara dengan garis pantai terpanjang di dunia, Indonesia begitu kaya dengan destinasi pantai-pantainya yang cantik. Betapa romantisnya jika bersama ibu duduk beralaskan tikar di atas hamparan pasir putih sambil melihat pemandangan senja diiringi suara deburan ombak.

Jangan lupa siapkan makanan kesukaan ibu tersayang agar momen keakrabannya semakin terasa. Beberapa rekomendasi pantai cantik di Indonesia yang dapat dikunjungi bersama ibu, yaitu Pantai Pulau Merah, Pantai Ora, Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Pasir Putih, Gili Trawangan, Pantai Nusa Dua, hingga Pantai Jimbaran.

Melihat warisan sejarah dan budaya

Indonesia tak hanya kaya dari segi alamnya, melainkan juga warisan budaya dan sejarahnya. Mengajak ibu melihat warisan sejarah dan budaya Indonesia yang sangat beragam menjadi salah satu ide liburan yang menarik.

Ada berbagai museum, situs sejarah dan budaya hingga desa adat yang bisa dikunjungi bersama ibu. Misalnya, Candi Prambanan dan Museum Ullen Sentalu di Yogyakarta, Desa Penglipuran dan Istana Tirta Gangga di Bali, hingga Museum Tekstil dan Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta.

Ikut workshop kerajinan hingga produk kecantikan

Menghabiskan waktu bersama ibu dengan mengikuti workshop atau kelas kerajinan bisa menjadi hal yang menyenangkan. Berbagai daerah di Indonesia memiliki banyak galeri kerajinan yang menyediakan workshop bagi para pengunjung. Mulai dari kelas membatik, melukis, hingga membuat kerajinan tanah liat.

Selain mempelajari dan mengasah keterampilan dalam seni, mengikuti sesi  kerajinan juga bisa dimanfaatkan untuk bersenda-gurau bersama ibu.

Di Jakarta, bisa mengajak ibu pergi ke Museum Seni Rupa dan Keramik, Galleri Kollekan, dan Hoxton & Tate untuk mencoba workshop kerajinan keramik. Di Yogyakarta, bisa berkunjung ke Museum Batik Yogyakarta untuk mencoba kelas membatik.

Jika sedang liburan ke Bali, ajaklah ibu mengikuti workshop kerajinan tanah liat, kelas membuat perhiasan, atau mengikuti workshop membuat body scrubs; body oil; dan body mask.

Berburu kuliner khas dan lezat

Ibu cenderung sangat menyukai aktivitas ini. Mencicipi sajian kuliner khas daerah dapat menambah seru momen liburan bersama ibu yang umumnya sering memasak dan menyajikan makanan lezat untuk keluarga.

Jika sedang liburan ke daerah tertentu, pastikan mengajak ibu mencicipi kuliner khas di sana. Misalnya, saat sedang ke Bali, berkunjunglah ke Ayam Betutu Khas Gilimanuk, Rumah Makan Taliwang Bersaudara, Warung Udang Mang Engking Kuta, dan Warung Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku.

Bagi yang tinggal atau akan ke Malang, tempat kuliner khas yang bisa dicoba seperti Rumah Makan Hok Lay, Sego Goreng Resek, Rawon Nguling, dan Warung Lama H. Ridwan.

Berbelanja di pasar atau mal

Indonesia memiliki banyak tempat wisata belanja berupa pasar dan mal. Berbelanja menjadi salah satu kegiatan yang mengasyikkan, terutama bagi sang ibu. Bahkan, sebagian orang sengaja traveling ke daerah tertentu untuk wisata belanja seperti berburu produk tekstil, aksesori, produk kecantikan, barang antik, hingga barang elektronik.

Di Jakarta, tempat wisata belanja beragam seperti di Pasar Baru, Kota Kasablanka, Grand Indonesia, dan Senayan City. Di Bandung, ada Pasar Cibaduyut, Pasar Lembang, dan Paris Van Java.

Di Yogyakarta, terdapat Pasar Malioboro, Pasar Beringharjo, dan Pasar Seni Gabusan. Sedangkan di Surabaya, bisa berkunjung ke Pasar Atom, Pasar Turi, Tunjungan Plaza, dan Ciputra World.

Baca juga: Prediksi tren wisata akhir tahun dan tips liburan jelang 2023

Baca juga: Delapan kiat jaga keselamatan di tempat wisata ramai

Baca juga: Tips liburan nyaman bersama balita ala Raisa dan Hamish Daud

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022