Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Penjabat Bupati Bekasi, Jawa Barat Dani Ramdan mengimbau segenap warga di daerah itu untuk tidak berlebihan dalam merayakan malam pergantian tahun pada akhir pekan depan.

"Di tengah kondisi saudara-saudara kita yang sedang tertimpa musibah, akan lebih baik jika kita menyongsong pergantian tahun dengan sederhana," katanya di Cikarang, Kamis.

Menurut dia, berkumpul bersama keluarga besar atau menggelar acara tasyakuran sederhana jauh lebih bermanfaat dari pada berkerumun dalam jumlah massa yang besar dengan konvoi malam tahun baru di jalan-jalan protokol.

"Akan lebih baik apabila diisi dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, berkumpul dengan keluarga sehingga ikut membantu menjaga kondusifitas wilayah," katanya.

Baca juga: DKI siapkan 40 kantong parkir di Sudirman-Thamrin di malam tahun baru

Baca juga: Pengunjung padati Ancol


Pihaknya bersama unsur forum komunikasi pimpinan daerah setempat telah menjadwalkan melakukan pemantauan lapangan untuk memastikan kondusivitas wilayah menjelang perayaan Hari Raya Natal hingga Tahun Baru 2023.

"Saya nanti akan mengecek serta terjun langsung menjelang Natal dan tahun baru  bersama Forkopimda, terutama di rumah-rumah ibadah serta simpul-simpul keramaian lain," katanya.

Kapolres Metro Bekasi Komisaris Besar Gidion Arif Setyawan mengatakan pengamanan Natal dan tahun baru dilaksanakan oleh petugas gabungan kepolisian bersama unsur TNI serta perangkat daerah terkait seperti Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Disdamkar, maupun Satpol PP.

"Untuk fokus pengamanan Natal, kita akan amankan titik-titik tempat ibadah, terutama yang berlokasi di tepi jalan dan tempat terbuka," kata dia.

Gidion mengaku akan menerjunkan 1.300 personel gabungan untuk menjaga kondusivitas wilayah sekaligus mengamankan arus lalu lintas pada periode libur Hari Raya Natal hingga tahun baru mulai 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023.

"Tadi kami juga sudah melakukan apel pasukan dengan sandi operasi lilin 2022. Sesuai tugas, mereka akan memastikan periode libur Natal dan tahun baru berjalan aman dan kondusif," kata dia.*

Baca juga: PGN pastikan kelancaran distribusi dan layanan gas bumi nasional

Baca juga: DKI tutup 22 akses ke Sudirman-Thamrin pada malam Tahun Baru 2023


Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022