Jakarta (ANTARA) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Universitas Pertahanan Republik Indonesia (Unhan RI) menyepakati perjanjian kerjasama (PKS) tentang penelitian dan pengembangan di bidang pertanian dan pangan.

“Dengan ditandatanganinya kerja sama dengan FMIPAM Unhan RI ini, maka hal ini dapat meningkatkan pula kualitas sumber daya manusia seperti yang tertuang dalam visi dan misi BRIN,” kata Kepala Organisasi Riset Pertanian dan Pangan (ORPP) BRIN Puji Lestari dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Kamis.

Penandatanganan kerja sama tersebut dilakukan oleh ORPP BRIN dan Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Militer (FMIPAM) Unhan RI.

Puji berharap kerja sama dengan FMIPAM Unhan RI dapat semakin mengakselerasi riset dan inovasi di Indonesia.

Baca juga: BRIN: Kesehatan ibu kunci wujudkan generasi cerdas dan bebas stunting

Baca juga: BRIN prediksi ekonomi Indonesia tumbuh 4,9-5,2 persen pada 2023


Sementara, Dekan FMIPAM Unhan RI Ence Darmo Jaya Supena mengharapkan kerja sama itu dapat semakin memungkinkan akses kerja sama riset yang dapat dilaksanakan di BRIN.

“Dengan makin terbukanya akses riset di BRIN, maka makin terbuka kerja sama riset kedua belah pihak. Selain itu, mahasiswa Unhan RI dapat memanfaatkannya untuk magang dan penelitian S1-nya,” ujar Ence.

Penandatanganan PKS tersebut merupakan tindak lanjut dari nota kesepahaman antara Deputi Bidang Pemanfaatan Riset dan Inovasi BRIN dengan Unhan RI pada 10 Januari 2022 tentang Riset dan Pemanfaatan Hasil Riset dan Inovasi, Pendidikan, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia.*

Baca juga: Kementan membentuk Badan Standardisasi Instrumen Pertanian

Baca juga: BRIN dan BBPMGB Lemigas kerja sama riset bidang minyak dan gas bumi


Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022