Jakarta (ANTARA) - Ketua Indonesia Police Watch (IPW) Sugeng Teguh Santoso mengapresiasi Kapolda Banten Irjen Pol. Rudy Heriyanto Adi Nugroho yang menunjukkan pola kepemimpinan yang merangkul semua pihak.

Hal itu disampaikan Sugeng menanggapi kinerja Kapolda Banten yang memimpin apel sinergitas tiga pilar yaitu TNI, Polri dan Pemda Provinsi Banten dan meluncurkan ulama kamtibmas Polda Banten.

Baca juga: Polri memperketat kegiatan izin keramaian perayaan tahun baru

"Model kepemimpinan publik seperti ditampilkan Kapolda Banten ini sangat dibutuhkan dalam kepemimpinan Polri ke depan yang memerlukan soliditas kuat dalam merespon tantangan zaman," kata Sugeng dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, momen tersebut menunjukkan kepemimpinan publik yang mampu merangkul, mensinergikan kekuatan seluruh tokoh-tokoh masyarakat, tokoh agama, aparatur sipil dan TNI menjadi kekuatan yang mampu mendorong spirit persatuan masyarakat.

Dia menyatakan keberadaan tiga pilar dan ulama menjadikan merupakan refleksi dari bukti hadirnya negara di tengah masyarakat. Diharapkan dapat mengambil peran untuk menumbuhkan partisipasi masyarakat untuk selalu menjaga stabilitas Kamtibmas.

"Ini bisa menjadi role model bagi Polda lain sekaligus akselerasi mendukung visi presisi Polri dalam menjadi pengayom dan pelindung masyarakat," katanya.

Sebelumnya, dalam rangka memelihara situasi Kamtibmas mensukseskan pembangunan nasional 2022, Ditbinmas Polda Banten menggelar apel sinergi tiga pilar dan meluncurkan ulama kamtibmas yang dilaksanakan di Lapangan Polda Banten, Rabu (21/12).

Kapolda Banten Irjen Pol Prof Rudy Heryanto Adi Nugroho mengatakan kegiatan itu dilaksanakan untuk mengkonsolidasikan kembali serta menyamakan persepsi tugas tiga pilar dan ulama kamtibmas di tengah masyarakat.

“Tiga pilar dan ulama kamtibmas dapat mengambil peran untuk menumbuhkan partisipasi masyarakat untuk selalu menjaga stabilitas dan kondusivitas pembangunan di tengah masyarakat,” harapnya.

Baca juga: Anggota DPR harap Polisi konsisten tindak pelaku kekerasan ke anak
Baca juga: Ormas mitra Polri mengecam pernyataan Kamaruddin Simanjuntak
Baca juga: Polri terima pengembalian berkas perkara tambang ilegal Ismail Bolong

Pewarta: Fauzi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022