Tarakan (ANTARA) - Tim Badan Wakaf Al Qur'an (BWA) kembali melaksanakan amanah distribusi Al Qur’an wakaf ke wilayah Kalimantan Utara tahap pertama.

"Dari 20.000 Al Qur'an, Alhamdulillah, sudah kami drop ke beberapa wilayah untuk disebarkan ,seperti di Tarakan sebanyak 7.000 Al Qur’an, Bulungan sebanyak 5.000 Al Qur’an, Malinau sebanyak 1.000 Al Qur’an, Sebatik sebanyak 5.000 Al Qur’an dan Tanah Tidung sebanyak 2.000 Al Qur’an," kata Direktur Program BWA Hazairin Hasan di Tanjung Selor, Bulungan, Kamis.

Di antara lokasi yang menjadi target distribusi Al Qur’an wakaf BWA di Provinsi Kaltara ini adalah ke Lapas Tarakan.

Menurut informasi yang didapat tim BWA peroleh, selama ini warga lapas sangat kekurangan Al Qur’an. Di sana satu Al Qur’an digunakan untuk delapan orang narapidana.

Baca juga: Yayasan Muslim Sinar Mas wakafkan 3.000 Al Quran melalui Muhammadiyah

Baca juga: Yayasan Muslim Sinar Mas wakafkan Al Quran ke PBNU dan PP Muhammadiyah


Melihat semangat warga lapas yang sangat tinggi untuk mempelajari Al Qur’an. Maka tim BWA memberikan Al Qur’an sebanyak 400 eksemplar, berharap dengan ketersediaan Al-Qur’an yang memadai dapat meningkatkan semangat warga lapas untuk terus membaca dan mempelajarinya.

"Alhamdulillah, selama kegiatan pendistribusian Al Quran tim BWA juga dibantu oleh Faisal Rauf tokoh pengusaha Kaltara," katanya.

BWA dalam distribusi Al Quran kembali bekerjasama dengan Lembaga Wakaf Nurul Taqwa (LWNT) Indosat Ooredoo dalam program bersama Al-Qur’an pelosok negeri dan juga bekerjasama dengan BKPRMI (Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia) kota Tarakan.

Hazairin mengatakan bahwa Al-Qur’an wakaf di tahap pertama ini kemungkinan akan banyak masyarakat yang belum kebagian, karena yang di utamakan adalah lembaga-lembaga pendidikan terlebih dahulu seperti TPA, TPQ, Pondok Pesantren dan Majelis Taklim.

"Harapannya pembagian Al-Qur’an wakaf ini bisa menjangkau saudara saudara kami yang tinggal di pelosok, di perbatasan negeri dan di pulau-pulau terpencil. Mohon doa di waktu waktu mendatang PR yang 80.000 bisa segera di wujudkan," katanya.

Agus Triyono selaku CFO LWNT berharap Al Qur'an yang dikumpulkan dari wakaf karyawan Indosat Ooredoo ini bisa bermanfaat bagi saudara-saudara muslim di pelosok.*

Baca juga: Eka Hospital dan DWP Kemenkes wakafkan ribuan Al Quran

Baca juga: Sambut Ramadhan, Eka Hospital wakafkan Al Quran ke berbagai daerah

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022