Merak (ANTARA) -
PT Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) menyiapkan 62 kapal untuk melayani angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) di lintasan Pelabuhan Merak-Bakauheni.

"Semua kapal itu dalam kondisi baik dan layak jalan," kata Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi saat meninjau Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak, Jumat.
 
Ia mengatakan kapal yang disiapkan itu tidak beroperasi sepenuhnya, karena hanya 31 unit yang beroperasi untuk melayani penumpang dengan 80-107 trip pulang pergi Merak-Bakauheuni.
 
"Kami akan mengerahkan kapal besar jika terjadi kepadatan penumpang dan kendaraan pada angkutan Nataru," katanya.

Ia memastikan ASDP akan terus meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa penyeberangan, agar jika sudah tiba di Pelabuhan Merak, bisa langsung diseberangkan tanpa mengalami antrian maupun penumpukan.
 
Sementara itu, Direktur Komersial dan Pelayanan ASDP M Yusuf Hadi mengatakan pihaknya terus melakukan pembenahan di Pelabuhan Merak agar arus kendaraan yang menyeberang dapat berjalan lancar tanpa terjadi kepadatan dan penumpukan penumpang maupun kendaraan.
 
Menurut dia, salah satu upaya untuk memastikan kelancaran tersebut adalah penerapan tiket hangus bagi pengguna jasa yang tidak tepat jadwal keberangkatan.
 
"Kami menerapkan tiket hangus, seperti yang dilakukan PT KAI guna memastikan kelancaran itu," katanya.

Baca juga: ASDP tingkatkan kualitas layanan jasa penyeberangan Natal-Tahun Baru

Baca juga: ASDP sebut layanan Pelabuhan Bakauheni-Merak kembali normal

Baca juga: ASDP: Trafik penumpang dan kendaraan meningkat dari Sumatera ke Jawa

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022