Tangerang (ANTARA) - Anggota Komisi III DPR, Moh Rano Alfath, meminta Kepolisian Republik Indonesia (Polri) memperkuat sinergitas dalam menangani keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. 

"Operasional Kamtibmas kami minta ada penguatan khususnya terkait koordinasi pengamanan Hari Raya Natal dan Tahun Baru. Tolong pastikan pengamanan maksimum untuk gereja-gereja, ke depan deteksi dini untuk antisipasi ancaman dan segala gangguan yang mungkin muncul harus bisa dimitigasi dengan baik," kata dia, melalui keterangan tertulis diterima di Tangerang, Banten, Jumat.

Baca juga: Polres Temanggung sterilisasi gereja jelang perayaan Natal

Ia berharap, selama penyelenggaraan Natal dan Tahun Baru dapat diantisipasi lebih baik dibandingkan dengan pengamanan di tahun sebelumnya, sehingga tingkat kondusivitas pada Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 berjalan lancar, khususnya di gereja-gereja yang nantinya akan dipenuhi umat Kristiani.

"Kita harus pastikan beri rasa aman ke sahabat-sahabat kita umat Kristiani agar bisa melakukan kebaktian dan misa secara aman, nyaman dan tentram," katanya.

Baca juga: Banser NU Belitung jaga malam Natal di Belitung

Ia juga menyebutkan, pasca terjadinya aksi teror seperti pengeboman yang terjadi di Polsek Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat. Agar aparat penegak hukum bisa lebih meningkatkan lagi kesiagaan dan kewaspadaan nya.

"Libur Natal dan Tahun Baru paling rawan aksi terorisme dan radikalisme, oleh karena itu aparat wajib meningkatkan kewaspadaan nya dan kuatkan sinergi tidak hanya di kota besar saja tapi juga di daerah-daerah," ujarnya.

Baca juga: Polisi pantau udara arus lalu lintas tol Cipali H-2 ramai lancar

"Saya minta seluruh lapisan aparat Kamtibmas bisa bersinergi secara serius dalam mengantisipasi ancaman atau gangguan dan melakukan penegakan hukum yang optimal, efektif dan efisien," tamah dia.

Ia menghimbau kepada masyarakat agar bisa bersinergi bersama aparat keamanan setempat dengan mendengarkan dan mematuhi kebijakan dari mereka.

Baca juga: Polisi: 12 gereja di Kota Tangerang dapat pengamanan prioritas

"Saya memahami bahwa antusiasme masyarakat dalam menyambut libur Natal dan Tahun Baru kali ini lumayan tinggi. Demi keselamatan dan kenyamanan bersama, saya juga himbau agar masyarakat selalu mematuhi regulasi atau prosedur yang dikeluarkan oleh aparat penegak hukum," kata dia.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022