Karawang, Jawa Barat (ANTARA) - Pertamina menyediakan Rumah Pertamina Siaga di Tempat Istirahat dan Pelayanan (rest area) KM 57 Tol Jakarta - Cikampek (Japek) untuk siap melayani pemudik Natal.

"Untuk rest area di KM 57, kami menyediakan tempat istirahat serta sejumlah fasilitas seperti ruang medis dan ruang laktasi," ujar Team Leader Rumah Pertamina Siaga Rest Area KM 57 Tol Jakarta-Cikampek Ramanik Hasmanta saat ditemui di Karawang, Jawa Barat, Jumat.

Menurut dia, tujuan diadakannya rumah Pertamina Siaga untuk membantu masyarakat yang ketika melakukan mudik pada liburan Natal kali ini dalam mendapatkan tempat istirahat di Jalan Tol Jakarta - Cikampek.

"Biasanya rest area - rest area selalu penuh ketika musim liburan seperti Natal tiba," katanya.

Rumah Pertamina Siaga di rest area KM 57 tersebut siap melayani masyarakat yang melintas di Tol Jakarta - Cikampek sampai dengan 2 Januari 2023.

Sebagian besar masyarakat memanfaatkan Rumah Pertamina Siaga untuk beristirahat dan melakukan pemeriksaan kesehatan.

Rumah Pertamina Siaga dan semua pelayanannya bersifat gratis dan bisa dikunjungi kapan pun oleh pemudik yang ingin beristirahat.

"Bagi masyarakat yang ingin atau sedang mampir di rest area KM 57, silakan singgah di Rumah Pertamina Siaga," ujar Ramanik Hasmanta.

Sebelumnya, Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution mengatakan bahwa Pertamina telah menyiagakan layanan tambahan di jalur tol dan wisata.

Sebanyak 54 Kiosk Pertamina Siaga, 496 motoris atau Pertamina Delivery Service (PDS), 192 mobil tanki bersiaga, serta 1184 SPBU, 4186 pangkalan LPG Siaga, dan 8 titik Rumah Pertamina Siaga siaga melayani masyarakat yang bermobilisasi di penghujung tahun ini.

Layanan-layanan tambahan tersebut disiagakan di titik strategis, di antaranya menyiapkan motoris untuk antisipasi kemacetan, kemudian Rumah Pertamina Siaga, mobil tanki yang standby di SPBU, kemudian ada Pertashop di lokasi-lokasi yang belum terdapat SPBU.

Baca juga: Pertamina siaga di Jalur lintas Sumatera jelang Natal dan Tahun Baru

Baca juga: Usai kejadian Balongan, Petrokimia pastikan unit bencana selalu siaga

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2022