Bekasi (ANTARA) - Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat berhasil meraih penghargaan sebagai kota terinovatif pada ajang "Innovative Government Award 2022" yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Pelaksana tugas Wali Kota Bekasi Tri Adhianto menyampaikan rasa bangga atas prestasi yang telah diraih pada penghujung tahun 2022. Ia pun menegaskan bahwa prestasi yang diraih adalah kebanggaan atas pencapaian bersama dalam mengimplementasikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Rasa terima kasih, syukur, dan bangga tidak lupa saya ucapkan kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras memikirkan dan menghasilkan ide-ide inovatif untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Kota Bekasi dan ke depan semoga mampu menciptakan dan mengimplementasikan inovasi lain demi optimalisasi pelayanan publik," katanya di Bekasi, Jumat.

Tri Adhianto menjelaskan total ada produk 99 inovasi yang telah digagas pemerintah daerah sepanjang tahun ini di antaranya pelayanan adminduk secara daring, jemput bola pelayanan kependudukan bagi lansia dan disabilitas, layanan kesehatan berbasis daring, serta pemberdayaan UMKM melibatkan kaum difabel.

Dirinya berpesan perangkat daerah terkait selalu melakukan evaluasi rutin terhadap produk-produk inovasi tersebut hingga terus dikembangkan agar menumbuhkan rasa kepuasan lebih tinggi di masyarakat.

"Kita terus melakukan evaluasi atas implemetasi produk-produk inovasi yang telah berjalan sampai sekarang. Dari evaluasi tersebut, kekurangan harus diminimalisir dan diperbaiki, bahkan harus dikembangkan potensi-potensi yang ada agar masyarakat semakin puas dan merasa termudahkan ketika kita bekerja memberikan pelayanan kepada mereka," ucapnya.

Tri menjelaskan "Innovative Government Award" digelar setiap tahun bertujuan memberikan apresiasi kepada daerah yang berhasil menerapkan inovasi dalam bentuk tata kelola pemerintahan, pelayanan publik, dan inovasi lain yang sesuai dengan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah, baik digital maupun non-digital.

Dari segala aspek penilaian terhadap produk-produk inovasi yang diajukan kepada tim penilai IGA 2022, Pemerintah Kota Bekasi berhasil meraih penghargaan sebagai Kota Terinovatif lima besar se-Indonesia.

Dalam kesempatan itu Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyampaikan ajang ini bukan hanya sekedar ritual tahunan melainkan harus dijadikan ajang kompetisi bagi kepala daerah kota dan kabupaten demi kemajuan pembangunan wilayah.

"Jadi kita baru saja selesai mengadakan acara pemberian penganugerahan kepada kepala daerah provinsi, kota dan kabupaten terinovatif 2022. Harapannya ajang ini bukan hanya sekedar ritual tahunan melainkan dapat mendorong daerah untuk terus berkreasi dan berinovasi," kata Tito.(KR-PRA).

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022