Mentok, Babel (ANTARA) - Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendirikan empat pos pengamanan dan pelayanan kepada masyarakat yang sedang melakukan perjalanan pada masa libur akhir tahun.

"Empat pos ini kami tempatkan di beberapa lokasi strategis, yaitu di Pelabuhan Tanjungkalian Mentok, Pelabuhan Limbung, di Simpang Kelapa dan di Kecamatan Parittiga," kata Kapolres Bangka Barat AKPB Catur Prasetiyo di Mentok, Sabtu.

Menurut dia, pendirian posko pelayanan dan pengamanan itu menjadi bagian pelaksanaan Operasi Lilin Menumbing 2022 untuk pengamanan Hari Raya Natal dan perayaan tahun baru 2023 agar berjalan kondusif.

Di setiap pos pelayanan dan pengamanan itu akan ditempatkan beberapa petugas gabungan, antara lain dari Dinas Perhubungan, Satpol PP, TNI-Polri, Dinas Kesehatan, dan mitra kamtibmas.

Polres Bangka Barat menyiapkan sebanyak 120 personel yang terlibat dalam operasi rutin akhir tahun ini, ditambah puluhan petugas dari instansi terkait lain yang tergabung dalam tim gabungan lintas sektor yang jumlahnya mencapai sekitar 200 orang.

"Kita buka posko ini mulai 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023. Kami berharap kehadiran petugas di lokasi itu bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh warga yang melintas," katanya.

Khusus untuk posko pelayanan di Pelabuhan Tanjungkalian, kata dia, seluruh petugas yang diterjunkan akan memantau arus lalu lintas dan arus mudik ketika kendaraan mulai memasuki kawasan pelabuhan yang menjadi pintu gerbang utama penyeberangan Pulau Bangka dengan Pulau Sumatera tersebut.

"Berdasarkan pemantauan para petugas, sampai hari ini arus kendaraan masih relatif lancar dan belum ada kenaikan yang signifikan di Pelabuhan Tanjungkalian," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022