proses keluar dan masuk kendaraan agar dilakukan dengan lebih cepat
Bandarlampung (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan guna memastikan penyeberangan melalui pelabuhan tersebut pada libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 berjalan lancar.

Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan pelayanan di Pelabuhan Bakauheni sudah cukup baik untuk melayani pemudik pada libur Natal dan Tahun Baru. Selain itu ia senang melihat kegembiraan pelaku perjalanan di Pelabuhan Bakauheni.

"Saya hari ini senang melihat kegembiraan penumpang dan sopir-sopir dari kendaraan yang akan menyeberang," kata Budi Karya Sumadi di Bakauheni, Lampung, Sabtu.

Selanjutnya dia mengatakan catatan yang harus diperbaiki untuk ASDP yaitu lebih mempercepat proses keluar masuk kendaraan dari maupun menuju kapal feri.

"Terutama untuk ASDP, adalah proses keluar dan masuk kendaraan agar dilakukan dengan lebih cepat,” kata dia.

Ia mengimbau petugas ASDP agar lebih memperhatikan keselamatan dan keluar masuk kendaraan di dalam kapal.

Baca juga: Karopenmas Polri sebut arus lalu lintas Natal 2022 di Bakauheni lancar

Baca juga: Volume kendaraan keluar Gerbang Tol Bakauheni Selatan naik 28 persen


"Oleh karenanya tadi dalam rapat saya minta Direktur Utama PT ASDP, menjaga tempat-tempat penyeberangan dari dermaga menuju kapal dengan suatu yang baik, mulai dari mempersiapkan jembatan maupun menjaga di situ," ujarnya

Seorang pengendara motor Roni mengatakan bangga dan senang karena telah disapa dan diberi hadiah oleh Menhub.

"Alhamdulilah senang banget Pak, ini dikasih hadiah dari Bapak Menhub," kata Roni.

Sebelumnya, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan menyebutkan arus lalu lintas pada H-1 Natal 2022 di Pelabuhan Bakauheni lancar.

"Hari ini saya akan menyampaikan situasi arus lalu lintas, arus penyeberangan, tadi saya sudah melakukan pantauan udara dari Jakarta ke Merak sampai ke Pelabuhan Bakauheni secara umum situasi arus lalu lintas lancar," katanya.

Ia juga menyampaikan Polri mengerahkan personel se-Indonesia sebanyak 100 ribu personel untuk pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Menurut dia, pengamanan dan pelaksanaan pada Natal dan tahun baru ini tidak hanya pengamanan lalu lintas saja.

Baca juga: BMKG : Kapal Merak-Bakauheni waspadai gelombang tinggi

Baca juga: BMKG : Penyeberangan Merak - Bakauheni relatif aman

Pewarta: Agus Wira Sukarta/Riadi Gunawan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022