Merak (ANTARA) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) siaga menghadapi cuaca buruk di Perairan Selat Sunda bagian utara pada lintasan penyeberangan Merak - Bakauheni, Lampung.
 
"Kecenderungan angin kencang dan gelombang pada malam hingga mengganggu penyeberangan Merak - Bakauheni, Lampung," kata Budi Sumadi dalam keterangannya di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak, Sabtu.
 
Selama ini, ia menjelaskan koordinasi tim pelayanan penyeberangan Pelabuhan Merak - Bakauheni dinilai sudah baik dengan melibatkan Kemenhub, Polri, BMKG dan pemerintah daerah. Namun, terdapat catatan yang membutuhkan kewaspadaan seperti cuaca buruk, seperti angin kencang dan gelombang.
 
Oleh karena itu, pihaknya meminta ASDP siaga menghadapi cuaca buruk tersebut agar tidak menimbulkan kecelakaan laut.
 
Saat ini, lalu lintas pemudik yang menggunakan sepeda motor cukup signifikan, sehingga ia juga meminta adanya perhatian. Perhatian itu dengan memberikan tempat untuk istirahat maupun makanan dan minuman, agar pemudik motor kembali fit dan segar.
 
Dengan demikian, ia mengharapkan persiapan pada puncak arus balik yang puncaknya terjadi tanggal 30-31 Desember 2022 harus menjadi lebih baik.
 
"Kami mengapresiasi tim koordinasi ini dapat menghasilkan yang terbaik untuk masyarakat pengguna jasa penyeberangan dengan lancar dan selamat sampai tujuan," kata Menhub.
 
Sementara itu, Direktur Utama PT ASDP Ira Puspadewi mengatakan angkutan Natal dan Tahun Baru 2023 kali ini lebih baik dengan pelaksanaan angkutan Lebaran kemarin.
 
Sebab, angkutan Natal-Tahun Baru itu sebagian besar pemudiknya membeli tiket secara online, sehingga tidak terjadi antrian panjang kendaraan maupun penumpang pejalan kaki.
 
"Dulu, pemudik beli tiket di pelabuhan, sehingga terjadi kemacetan dan kepadatan kendaraan, seperti Lebaran kemarin," katanya.

Baca juga: Menhub tinjau kesiapan Pelabuhan Bakauheni hadapi Natal dan Tahun Baru

Baca juga: Menhub sebut terjadi kenaikan penumpang pesawat pada Natal-Tahun Baru

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2022