Jakarta (ANTARA) - Persis Solo membalikkan keadaan untuk menaklukkan Persik Kediri dengan skor 3-1 pada pekan ke-17 Liga 1 Indonesia di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu malam.

Pada pertandingan ini Persik Kediri sempat unggul lebih dulu melalui Faris Aditama, namun Persis mampu membalas berkat gol yang dicetak oleh Fernando Rodriguez (2) dan Ryo Matsumura, demikian catatan Liga Indonesia.

Berkat kemenangan ini Persis Solo masih bertahan di peringkat ke-12 klasemen sementara Liga 1 Indonesia dengan raihan 19 poin dari 17 laga, sedangkan Persik Kediri masih tertahan di posisi juru kunci dengan torehan 10 poin.

Pada babak pertama Persik mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan mampu unggul berkat gol yang dicetak oleh Faris Aditama pada menit ke-7 usai memanfaatkan umpan Rendy Juliansyah sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Baca juga: Pelatih Persis minta pemain fokus hadapi Persik

Persis Solo berusaha menyamakan kedudukan dan memiliki peluang melalui tendangan bebas gelandang asal Argentina Alexis Messidoro, akan tetapi bola masih membentur mistar gawang Persik.

Skuad asuhan Leonardo Medina mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-17 setelah umpan Irfan Jauhari mampu disambut oleh kepala Fernando Rodriguez sehingga skor berubah menjadi 1-1.

Persis Solo sebenarnya mampu berbalik unggul pada menit ke-42 ketika Jaimerson Xavier membobol gawang dari Persik, akan tetapi gol tersebut dianulir karena bek asal Brazil itu dianggap dalam posisi offside sehingga skor 1-1 bertahan sampai turun minum.

Pada babak kedua Persis mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan mampu berbalik unggul pada menit ke-50 setelah umpan silang Gavin Kwan mampu disambut oleh tandukkan Fernando Rodrguez yang mengoyak jala gawang Kurniawan Kartika Ajie sehingga skor berubah menjadi 2-1.

Berbalik unggul, Persis semakin bersemangat menambah gol, salah satu upaya lahir dari tendangan Ryo Matsumura, akan tetapi bola dapat ditepis oleh Kartika Ajie.

Persik berbalik menekan dan sempat mengancam melalui tendangan keras Rohit Chand, akan tetapi bola masih dapat diamankan oleh kiper Persis Gianluca Pandeynuwu.

Baca juga: Medina soroti penyelesaian akhir Persis Solo

Faris Aditama memiliki peluang untuk menyamakan kedudukan, namun tendangannya kerasnya di kotak penalti Persis masih belum menemui sasaran dan hanya menggetarkan jaring sisi luar gawang.

Persik Kediri hampir menyamakan kedudukan, akan tetapi tendangan keras dari luar kotak penalti Rahel Radiansyah masih membentur mistar gawang Persis Solo.

Pada waktu tambahan babak kedua, Persis Solo mampu menambah keunggulan menjadi 3-1 setelah Ryo Matsumura mencetak gol sehingga skor tersebut bertahan hingga pertandingan usai.

Baca juga: Persis Solo bermain imbang tanpa gol kontra Barito Putera

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022