Banda Aceh (ANTARA) - Kepolisian Daerah Aceh menyatakan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat di provinsi ujung barat Indonesia itu kondusif selama Operasi Lilin Seulawah 2022 digelar.

"Hingga hari kedua berlakunya operasi dengan sandi Lilin Seulawah 2022, jumlah gangguan kamtibmas dilaporkan menurun, " kata Kepala Satuan Tugas Humas Operasi Lilin Seulawah 2022, Komisaris Besar Polisi Winardy, di Banda Aceh, Minggu.

Baca juga: Polres tingkatkan patroli jaga kamtibmas di Aceh Barat

Ia mengatakan pada 24 Desember 2022 atau hari kedua pelaksanaan operasi, jumlah gangguan kamtibmas hanya 14 kejadian. Jumlah itu menurun dari hari sebelumnya yaitu 30 kejadian.

Artinya, kata dia, kejadian-kejadian yang dapat mengganggu kamtibmas juga menurun sebanyak 16 kejadian. Dan ini menunjukkan Provinsi Aceh sangat kondusif.

Baca juga: Kapolres Aceh Barat ajak wartawan bantu Polri jaga Kamtibmas

"Dampak positif dari operasi lilin adalah menurunnya jumlah kamtibmas. Ini juga wujud kehadiran polisi dalam membuat masyarakat aman dan nyaman," kata dia. 

Polda Aceh dengan dukungan TNI, pemerintah daerah, mitra kamtibmas serta pemangku kebijakan terkait menggelar operasi kepolisian terpusat dengan sandi Operasi Lilin Seulawah 2022.

Baca juga: Aceh kondusif jelang Lebaran

Operasi tersebut juga digelar serentak di seluruh Indonesia berlangsung selama 11 hari, mulai 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023. Setelah operasi, dilanjutkan kegiatan rutin ditingkatkan pada 3 hingga 9 Januari 2023.

Untuk pelaksanaan operasi tersebut, Polda Aceh dan jajaran mengerahkan 1.294 personel. Selain dari kepolisian, operasi juga didukung 1.035 personel dari instansi terkait lainnya seperti TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, dan lainnya.

Baca juga: DPRA mengapresiasi kapolda fokus jaga kamtibmas di Provinsi Aceh

"Operasi digelar untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat di Provinsi Aceh saat perayaan Natal dan tahun baru," kata dia. 

Dalam operasi itu, Polda Aceh juga mendirikan 24 pos pengamanan dan 22 pos pelayanan. Pos-pos tersebut didirikan di perbatasan, terminal, pelabuhan, bandar udara, dan tempat publik lainnya.

Baca juga: Kapolda ajak masyarakat jaga kamtibmas kondusif di Aceh

"Sasaran operasi di antaranya pengamanan rumah ibadah, objek pergantian tahun, destinasi pariwisata, pusat perbelanjaan, maupun tempat-tempat keramaian lainnya," kata dia. 

Pewarta: M Haris S Agus
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022