Jakarta (ANTARA) - Puncak lonjakan keberangkatan penumpang bus antarkota antarprovinsi (AKAP) saat libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di Terminal Kampung Rambutan pada Sabtu (24/12), kata Koordinator Regu Terminal Bus AKAP Kampung Rambutan Jumali

"Kemarin (tanggal) 24, sekarang sih belum," kata Jumali di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Minggu.

Meskipun terlihat cenderung lenggang, kata Jumali, lonjakan penumpang bus AKAP di Terminal Kampung Rambutan mencapai 100 persen. Ia menyebut lonjakan tersebut didominasi penumpang dengan destinasi tujuan ke Pulau Sumatera.

Baca juga: Sopir bus Terminal Kampung Rambutan dilengkapi surat laik mengemudi
Baca juga: Terminal Kampung Rambutan catat lonjakan penumpang capai 100 persen

"Walaupun kelihatannya agak sepi dibanding hari biasa memang sudah ada 100 persen (lonjakan penumpang), terutama tujuan Sumatera, Palembang, Padang, dan Lampung," ujarnya.

Bila dibandingkan tahun kemarin, menurutnya, lonjakan kenaikan penumpang bus AKAP di Terminal Kampung Rambutan terjadi lantaran pandemi COVID-19 yang cenderung sudah mulai membaik.

Kepala Pos Pelayanan (Kaposyan) Terminal Kampung Rambutan Iptu Asep mengatakan bahwa kenaikan penumpang dengan tujuan Pulau Sumatera terjadi sejak tanggal 18 Desember 2022.

"Bagian yang ke arah Sumatera dari mulai tanggal 18 Desember 2022, kalau untuk (tujuan) yang lain semuanya normal seperti kegiatan terminal normal," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Pos Pengamanan (Kapospam) Terminal Kampung Rambutan AKP Gede Oka Sukamto mengatakan terjadi kemacetan arus lalu lintas di depan Terminal Kampung Rambutan ketika puncak lonjakan penumpang bus AKAP terjadi pada Sabtu (24/12).

"Pada saat keberangkatan kemarin memang banyak terjadi kemacetan khususnya di depan sini (dekat terminal)," katanya.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Pos Pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 Satlantas Polres Metro Jakarta Timur, jumlah keberangkatan penumpang bus AKAP pada Sabtu (24/12) mencapai 1.235 penumpang. Sedangkan kedatangan penumpang bus AKAP mencapai 3.207 penumpang.

Sementara data jumlah keberangkatan penumpang bus AKAP pada Hari Raya Natal di Terminal Kampung Rambutan sampai dengan pukul 14.00 WIB mencapai 474 penumpang. Sedangkan kedatangan penumpang bus AKAP mencapai 1.178 penumpang.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022