Selama Desember untuk persiapan Nataru, Rajawali Nusindo mendistribusikan beras Rania Premium sebanyak 250 ton, gula bulk 5.600 ton, gula kemasan 700 ton, minyak goreng curah 1.000 ton, minyak kita 850 ribu liter, minyak goreng premium 1.5 juta liter
Jakarta (ANTARA) - PT Rajawali Nusindo member of ID FOOD yang bergerak di bidang perdagangan dan distribusi baik pangan maupun nonpangan memastikan untuk menjaga distribusi dan ketersediaan pangan nasional selama Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Direktur Utama PT Rajawali Nusindo Iskak Putra mengatakan distribusi pangan di 43 cabang yang dimiliki oleh perusahaan tersebar di 34 propinsi di Indonesia dijamin aman untuk mengantisipasi kenaikan permintaan konsumen selama Natal dan tahun baru ini.

“Selama Desember untuk persiapan Nataru, Rajawali Nusindo mendistribusikan beras Rania Premium sebanyak 250 ton, gula bulk 5.600 ton, gula kemasan 700 ton, minyak goreng curah 1.000 ton, minyak kita 850 ribu liter, minyak goreng premium 1.5 juta liter, serta distribusi garam 105 ton, margarine 8.6 ton dan tepung terigu kemasan 1 kg sebanyak 108 ton,” kata Iskak dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Baca juga: Mentan pantau harga bahan pokok di pasar tradisional Makassar

Untuk mempermudah distribusi produk, Rajawali Nusindo memiliki fasilitas penunjang distribusi sebanyak 243 armada mobil dan 409 armada motor untuk menjangkau wilayah operasional pendistribusian barang oleh perusahaan, serta terintegrasi dengan sarana tol laut maupun udara.

Iskak menambahkan dalam melakukan distribusi, Rajawali Nusindo menjalin kerja sama dengan berbagai toko grosir, toko ritel, dan pedagang tradisional untuk melakukan proses penyaluran produk pangan tersebut.

Selain melakukan distribusi pada segmen tradisional market, Rajawali Nusindo juga memperluas distribusi melalui channel MTKA (Modern Market Key Account) seperti supermarket dan minimarket yang memiliki DC (Distribution Center) di seluruh Indonesia.

Sejalan dengan arahan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, BUMN diminta membantu ketersediaan bahan pokok saat menghadapi liburan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, sekaligus untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Sebagai bagian dari BUMN Pangan ID FOOD, Rajawali Nusindo mendukung ekosistem BUMN Holding Pangan ID Food menuju kedaulatan pangan Indonesia," ujar Iskak.

Baca juga: Menko Airlangga pantau pangan pokok hingga dorong KUR di Pasar Medan

Pada momentum Natal dan tahun baru ini, Rajawali Nusindo juga memiliki platform e-commerce Nushinushi.ID yang berperan sebagai sarana untuk memperkuat bisnis di bidang klaster pangan, dalam hal mendukung ketahanan pangan nasional.

Ketahanan pangan nasional terdiri atas persediaan pangan dan stabilitas harga pangan. Nushinushi.ID membantu mendistribusikan secara online untuk menjaga ketersediaan dan stabilitas harga pasar. Nushinushi.ID telah bekerja sama dengan Blibli, Shopee, Tokopedia, Bukalapak serta platform besar lainnya untuk memudahkan masyarakat dalam membeli kebutuhan pokok dan dengan harga lebih terjangkau.

Dengan begitu, Rajawali Nusindo siap mendukung terwujudnya ketahanan pangan dan berperan secara nyata menjadi agen pemerintah dengan kontribusinya untuk menyediakan dan mencukupi kebutuhan pangan Indonesia.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022