Bandung (ANTARA) -
Personel Pangkalan Udara TNI AU Husein Sastranegara mengawasi penumpang yang  menggunakan pesawat terbang di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat, menjelang Tahun Baru 2023 guna memastikan kenyamanan penumpang.
 
Komandan Pangkalan Udara TNI AU Husein Sastranegara, Kolonel Pnb I Gusti Putu Setia Darma, mengatakan, pengawasan itu dengan cara memeriksa secara acak kepada para penumpang. 

Baca juga: AP II: Bandara Husein Sastranegara Bandung siap layani pemudik
"Untuk personelnya di bandara ada sekitar 20 personel, dan di sekitar bandara ada 20-30 personel," kata dia, di Bandung, Senin.
 
Meskipun ada pemeriksaan, ia memastikan para calon penumpang tidak akan terganggu dan terhambat saat hendak menggunakan jasa penerbangan. 

Baca juga: Bandara Husein minta calon penumpang isi e-HAC sebelum tiba di bandara
 
Menurut dia, pengerahan personel untuk pemeriksaan itu sudah dilakukan sejak sebelum Natal 2022. Selain di kawasan bandara, menurutnya personel TNI AU juga turut menjaga di gereja sekitar bandara.
 
Selain penjagaan oleh personel, menurut dia, dua anjing pelacak juga dikerahkan untuk kegiatan pengawasan dan pemeriksaan itu. 

Baca juga: Husein Sastranegara masih layak jadi bandara internasional
 
Adapun pada sepekan menjelang Tahun Baru 2023, terjadi 30 peningkatan jumlah pengguna jasa penerbangan di sana.
 
"Rata-rata karena di sini tujuan favorit Medan dan Bali, ke Medan pulang kampung, ke Bali ini jalan-jalan, ini karena bertepatan liburan sekolah jadi pada pulang juga," kata dia.

Baca juga: Bandara Husein Sastranegara operasikan 6 rute penerbangan pesawat jet

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022