Jakarta (ANTARA) - Sebuah jalur kereta yang menghubungkan Chengdu dan Kunming, dua kota besar di China barat daya, kini beroperasi penuh dengan dibukanya seksi terakhir dari jalur itu pada Senin (26/12).

Dengan kecepatan yang dirancang hingga 160 km per jam, jalur baru sepanjang 915 kilometer (km) yang membentang hampir sejajar dengan jalur kereta yang sudah ada antara Chengdu dan Kunming tersebut, memangkas waktu tempuh antara kedua kota dari semula 19 jam menjadi 7,5 jam.

Jalur kereta itu melintasi berbagai gunung dan sungai, yang menimbulkan banyak tantangan selama pembangunannya.

Jalur kereta Chengdu-Kunming yang baru itu memiliki tujuh terowongan panjang, dengan masing-masing sepanjang lebih dari 10 km, dan 11 jembatan bentang panjang, sebut Wang Wei, kepala insinyur dari China Railway Eryuan Engineering Group Co., Ltd, yang bertanggung jawab atas pekerjaan perancangan jalur kereta itu.

Sebagai sebuah proyek penting untuk Strategi Pembangunan Barat (West Development Strategy) China, jalur kereta itu diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan keterbukaan berkualitas tinggi di kawasan China barat daya.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022