Beijing (ANTARA) - Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Mao Ning, Senin (26/12), mengatakan semua pihak perlu berkomitmen untuk berdialog dan bernegosiasi serta meningkatkan upaya diplomatik untuk membawa implementasi Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA) kembali ke jalurnya.

Menurut laporan media, Menlu Iran Hossein Amir-Abdollahian mengatakan di Twitter bahwa dalam pertemuannya dengan Perwakilan Tinggi Uni Eropa untuk Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan Josep Borrell baru-baru ini, mereka sepakat mengambil langkah-langkah final dalam perjanjian terkait pemulihan JCPOA.

Hossein mengatakan peluang untuk menghidupkan kembali JCPOA masih terbuka, tetapi tidak akan selamanya demikian.

Menanggapi pernyataan tersebut, Mao mengatakan perundingan untuk melanjutkan implementasi JCPOA saat ini berada di tahap akhir. Meski prospek pembicaraan tersebut kompleks dan menantang, sehingga masih ada harapan untuk mencapai kesepakatan.

Belakangan ini, Iran menunjukkan ketulusan dalam mengupayakan kesepakatan untuk melanjutkan komitmen terhadap JCPOA.

Pihak-pihak terkait perlu bergerak ke arah yang sama, mengambil keputusan yang tepat, mengambil langkah-langkah maju yang positif dan konstruktif, tidak mengaitkan isu nuklir Iran dengan masalah lain, serta mendukung negosiasi untuk segera membuahkan hasil, kata Mao.

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2022