Pelaku pasar mempertimbangkan perilisan data ekonomi AS di hari Jumat lalu
Jakarta (ANTARA) - Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa sore ditutup melemah di tengah fokus pelaku pasar terhadap penurunan laju inflasi di Amerika Serikat.

Rupiah ditutup melemah 30 poin atau 0,19 persen ke posisi Rp15.663 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp15.633 per dolar AS.

"Pelaku pasar mempertimbangkan perilisan data ekonomi AS di hari Jumat lalu," kata Analis Monex Investindo Futures Faisyal dalam kajiannya di Jakarta, Selasa.

Pada akhir pekan lalu inflasi belanja konsumsi personal AS mencapai pertumbuhan 5,5 persen (yoy), lebih tinggi dari ekspektasi 5,3 persen (yoy), namun lebih rendah dari periode sebelumnya yang tumbuh 6,1 persen (yoy).

Investor terlihat fokus pada penurunan pertumbuhan inflasi, tidak peduli sejauh mana, karena telah memperkuat penurunan lebih lanjut dalam tekanan inflasi di AS.

Baca juga: Dolar jatuh karena selera risiko meningkat, Aussie dan Kiwi melonjak

Penurunan bertahap pada laju inflasi memperkuat ekspektasi bahwa kenaikan suku bunga oleh bank sentral AS, Federal Reserve (Fed), yang akan lebih lambat tidak diragukan lagi. Sementara itu terdapat pernyataan yang cenderung hawkish dari pejabat European Central Bank (ECB).

Pelaku pasar mencerna pernyataan anggota Dewan Pemerintahan ECB yang juga Gubernur Bank Sentral Belanda Klaas Knot yang melihat lebih banyak pengetatan kebijakan saat ini hingga Juli 2023.

Sebelumnya pembuat kebijakan ECB menganjurkan bahwa bank sentral berbuat banyak dalam pengetatan kebijakan moneter.

Rupiah pada pagi hari dibuka melemah ke posisi Rp15.625 per dolar AS. Sepanjang hari rupiah bergerak di kisaran Rp15.615 per dolar AS hingga Rp15.671 per dolar AS.

Sementara itu kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia pada Selasa melemah ke posisi Rp15.659 per dolar AS dibandingkan posisi hari sebelumnya Rp15.636 per dolar AS.

Baca juga: Rupiah Selasa pagi melemah tipis, hanya 1 poin
Baca juga: Yuan berbalik menguat 279 basis poin, menjadi 6,9546 terhadap dolar AS



 

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022