Jakarta (ANTARA) - Dinas Perhubungan DKI Jakarta menutup anjungan lantai dua di Halte Tosari dan Halte Bundaran Hotel Indonesia (HI) saat malam perayaan Tahun Baru 2023.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan kedua anjungan tersebut ditutup bertujuan untuk menghindari membludaknya masyarakat yang ingin naik melihat pemandangan ibu kota dari lantai dua saat perayaan malam tahun baru.

Baca juga: DKI Kemarin, dari halte Bundaran HI hingga Anies bersepeda

"Kita fokus pada tujuh lokasi perayaan malam tahun baru di sepanjang Sudirman-Thamrin maka anjungan atas lantai dua halte Tosari dan halte HI akan kami tutup," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, di Jakarta, Kamis.

Syafrin mengatakan dilakukan penutupan akses ke lokasi anjungan di lantai dua yang merupakan spot foto bagi pengunjung dengan pemandangan Patung Monumen Selamat Datang.

"Sehingga seluruh konsentrasi pengunjung itu hanya pada di bawah lantai satu halte," ucapnya.

Ia juga mengatakan masyarakat setelah tiba di halte agar langsung bergabung dalam acara malam perayaan tahun baru 2023.

"Silahkan setelah tiba di halte Bundaran HI atau Tosari silahkan untuk bergabung ke kegiatan yang ada di bundaran HI misalnya atau yang ada di beberapa lokasi perayaan malam tahun baru di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin," imbuhnya.

Syafrin mengungkapkan penutupan akses ke anjungan lantai dua tidak membuat halte ditutup sehingga dapat dipastikan dua halte tersebut tetap beroperasi selama 24 jam selama perayaan malam tahun baru 2023.

"Selama tahun baru, nantinya TransJakarta akan operasi selama 24 jam dan tidak ada penutupan layanan, khususnya pada 13 koridor dan lima rute non BRT itu akan tetap beroperasi," katanya.

Ia berharap agar masyarakat tidak memaksa untuk memasuki anjungan di lantai dua, sebagai halte ikonik yang menyerupai kapal pesiar tersebut.

Dan menyarankan agar masyarakat menikmati perayaan tahun baru di sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin.

"Kita harapkan masyarakat tidak memaksa untuk masuk ke anjungan," lanjutnya.

Baca juga: Anies sebut halte Bundaran HI sajikan pemandangan dari ketinggian

Selama malam perayaan tahun baru, Pemprov DKI Jakarta menyiapkan sejumlah panggung hiburan dan juga menerapkan "car free night" (CFN) di sepanjang Jalan Sudirman hingga Jalan MH Thamrin.

Sebelumnya, Dinas Perhubungan DKI Jakarta mengeluarkan kebijakan untuk menutup Jalan Sudirman-Jalan Thamrin, Jakarta Pusat, dari kendaraan bermotor secara bertahap mulai pukul 18.00 WIB saat malam tahun baru, Sabtu (31/12).

“Kami akan berlakukan pada Sabtu 31 Desember mulai pukul 20.00 WIB namun secara bertahap mulai 18.00 WIB,” kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo di Jakarta, Kamis (22/12).

Penutupan jalan strategis itu dari kendaraan bermotor atau car free night tersebut dijadwalkan akan berlangsung hingga Minggu (1/1/2023) pukul 02.00 WIB.

Penutupan jalan itu dilakukan agar memberikan keleluasaan bagi masyarakat menikmati suasana kawasan Sudirman-Thamrin saat malam tahun baru.

Ia mengimbau masyarakat menggunakan angkutan umum apabila ingin berkunjung di kawasan tersebut karena MRT Jakarta tetap beroperasi hingga pukul 02.00 WIB pada Minggu (1/1) dan TransJakarta masih beroperasi 24 jam.

Dinas Perhubungan DKI akan melakukan penyesuaian rute untuk jalur di Jalan Sudirman-Thamrin atau koridor I Blok M-Kota apabila terjadi kepadatan masyarakat.

Nantinya di kawasan itu ada beberapa panggung musik yang didirikan untuk menghibur masyarakat.

Baca juga: Jakarta kemarin, Pj Gubernur hingga pembangunan transportasi DKI

Pewarta: Ulfa Jainita
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022