Gorontalo (ANTARA) - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bone Bolango, Provinsi Gorontalo melakukan Skrining Intervensi Lapangan (SIL) 45 orang yang diduga sebagai penyalahguna narkoba sepanjang tahun 2022.

Penanggung Jawab Program Rehabilitasi BNNK Bone Bolango, Herson Giu di Gorontalo, Jumat, mengatakan hal itu merupakan kerja sama peningkatan kewaspadaan dari Pemerintah Desa, Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

"Dari 45 orang ini, 10 diantaranya adalah siswa dan 35 lainnya adalah masyarakat atau orang dewasa," ucap Herson.

Ia mengaku pada tahun ini BNNK Bone Bolango menargetkan 30 orang yang rawat jalan. Dari 45 orang yang diskrining, 30 diantaranya menjalani rawat jalan dengan total realisasi menjadi 35 orang.

Kepala Sub Bagian Umum BNNK Bone Bolango, Devi Ariany Kum mengatakan, pihaknya melakukan upaya rehabilitasi di Desa Bersih Narkoba (Bersinar) dengan Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM).

"IBM merupakan upaya intervensi berkelanjutan terhadap penyalahgunaan narkoba, yang diselenggarakan oleh masyarakat, dari masyarakat dan untuk masyarakat," jelas Devi.

Devi mengungkapkan, memang saat ini kualitas dan kuantitas lembaga rehabilitasi milik pemerintah dan masyarakat belum dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan layanan rehabilitasi.

Sehingga BNN mengembangkan program yang disebut IBM sebagai solusi untuk menjawab permasalahan yang ada.

"IBM dimaksudkan untuk melakukan layanan rehabilitasi yang bersifat ringan di masyarakat maupun intervensi berkelanjutan," jelas dia.

Pada tahun 2o22, BNNK Bone Bolango telah membentuk dua IBM, yaitu di Desa Alale dan Desa Poowo.

Guna mengoptimalkan kinerja IBM, BNNK Bone Bolango memfasilitasi pelatihan kepada 10 agen pemulihan yang dibagi dalam dua IBM untuk menangani kecanduan narkoba di tingkat ringan dan coba coba.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022