untuk meningkatkan peran serta masyarakat, maka dibentuk relawan di dua kecamatan tersebut
Bone Bolango (ANTARA) - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bone Bolango Provinsi Gorontalo sepanjang tahun 2023 mencanangkan dua kecamatan di kabupaten itu menjadi Kecamatan Bersih dari Narkoba (Bersinar).

Kepala BNNK Bone Bolango Mohammad Agus Anwar pada konferensi pers di Bone Bolango,Jumat mengatakan dua kecamatan tersebut yaitu Kecamatan Tapa dan Kecamatan Botupingge.

"Pada tahun 2023 ini BNNK Bone Bolango berinovasi mencanangkan dua Kecamatan Bersinar, di antaranya tujuh desa di Kecamatan Tapa dan sembilan desa di Kecamatan Botupingge," ucap dia.

Ia mengatakan, Desa Bersinar menjadi program unggulan bidang pencegahan dengan intervensi program pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN) di wilayah pedesaan.

Program itu dijalankan untuk menciptakan lingkungan yang kondusif dan aman, sesuai dari program nasional yaitu Desa Bersinar.

Baca juga: BNNK Bone Bolango sosialisasikan bahaya tembakau gorilla
Baca juga: Kepala BNN nilai narkotika membunuh lebih dahsyat dari teroris


Kepala BNNK Bone Bolango menjelaskan, program itu melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Bone Bolango yaitu Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa, Dinas Sosial DP3AKB, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, kemudian BKKBN Provinsi Gorontalo, Universitas Negeri Gorontalo, pemerintah desa, serta unsur TNI dan Polri.

"Untuk meningkatkan peran serta masyarakat, maka dibentuk relawan di dua kecamatan tersebut, dengan jumlah relawan 420 orang dan relawan di instansi pemerintah dan swasta 556 orang dan relawan di instansi pendidikan 135 orang," ucap Mohammad.

Ia mengungkapkan, dari hasil pemetaan BNNK Bone Bolango pada tahun 2023, dari 164 desa yang ada di daerah itu, terdapat nol desa dengan kategori bahaya, 42 desa kategori waspada, 38 desa kategori siaga dan 85 desa kategori aman.

"Diharapkan dengan adanya program Desa Bersinar, angka waspada dan rawan dapat ditekan pada masa yang akan datang," ia menambahkan.

Baca juga: Pemkab Mojokerto-BNN Jatim luncurkan desa "Bersinar" perangi narkoba
Baca juga: Kepala BNN canangkan desa-kelurahan tangguh bersinar di Sulsel
Baca juga: BNN bentuk tiga gampong bersinar di Banda Aceh


 

Kepala BNNK Bone Bolango Mohammad Agus Anwar memberikan keterangan pada konferensi pers di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Jumat (22/12/2023). ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023