Mentok, Babel (ANTARA) - Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Irjen Pol. Yan Sultra melakukan kunjungan kerja sekaligus menggelar Jumat Curhat di rumah dinas Bupati Bangka Barat di Mentok sebagai salah satu upaya menjaring masukan dari berbagai elemen masyarakat guna mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Kami berterima kasih kepada seluruh perwakilan masyarakat yang hadir dan telah menyampaikan berbagai informasi berbagai permasalahan terkait keamanan dan ketertiban," kata Yan Sultra di Mentok, Jumat.

Menurut dia, kunjungan kerja ke Mentok yang berada ujung barat Pulau Bangka tersebut tidak terlepas dari upaya bersama menjaga kamtibmas, terutama dalam menghadapi berbagai aktivitas masyarakat di masa pergantian tahun.

"Bangka Barat merupakan pintu masuk utama yang menghubungkan Pulau Sumatera dan Pulau Bangka, dan Pelabuhan Tanjungkalian menjadi gerbang utama, terutama keluar masuk orang dan barang pada saat libur akhir tahun seperti saat ini," katanya.

Menurut dia, Bangka Barat menjadi pusat kegiatan masyarakat, menjadi pusat dan pintu masuk saat mudik Natal dan tahun baru sehingga dibutuhkan pemantauan dan pengawasan yang lebih ketat di jalur penyeberangan tersebut.

Berdasarkan pemantauan yang dilakukan selama ini, kata dia, situasi Kamtibmas di Bangka Barat dan Bangka Belitung masih relatif aman dan kondusif.

"Kami prediksikan awal tahun ini arus lalu lintas dan kegiatan masyarakat akan cukup padat karena sudah dua tahun dilakukan pembatasan aktivitas masyarakat karena pandemi COVID-19," ujarnya.

Untuk tahun ini, pemerintah telah mengambil kebijakan dengan membuka kembali berbagai kegiatan masyarakat dengan pembatasan sehingga diprediksi aktivitas masyarakat semakin meningkat.

"Apalagi besok malam masyarakat sudah bersiap untuk menyambut tahun baru 2023, kemungkinan akan ada banyak aktivitas masyarakat dan keramaian, bahkan hingga di desa-desa," katanya.

Guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya gangguan kamtibmas, pihak Polri, TNI serta instansi terkait sudah melakukan berbagai persiapan pengamanan.

"Kita juga sedang melaksanakan Operasi Lilin Menumbing 2022 guna pengamanan perayaan Natal dan tahun baru," katanya.

Untuk mendukung operasi tahunan itu, Polda Babel menyiapkan sebanyak 1.930 personel, 20 unit pos pengamanan, tujuh unit pos pelayanan, dan lima unit pos terpadu yang tersebar di seluruh Babel.

"Kami berupaya agar operasi ini bisa mengamankan dan membantu kelancaran masyarakat yang berlibur menyambut tahun baru ini," katanya.

Turut hadir dalam Jumat Curhat di Bangka Barat, antara lain Bupati Bangka Barat Sukirman, Wakil Bupati Bong Ming Ming, Kapolres AKBP Catur Prasetiyo, perwakilan Forkopimda, sejumlah tokoh pemuda, tokoh masyarakat, ormas dan beberapa pemuka agama.

Bupati Sukirman berterima kasih atas kunjungan kerja yang dilakukan Kapolda Babel bersama rombongan dan berharap terjalin hubungan yang lebih erat untuk mendukung terwujudnya situasi yang lebih aman, nyaman, damai dan tenang.

"Alhamdulillah semua bisa hadir dalam kegiatan ini dan Insya Allah kita akan semakin tenang, aman dan terkendali," kata Sukirman.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022