Jakarta (ANTARA) - Yayasan BUMN Untuk Indonesia memberikan bantuan berbagai alat kesehatan kepada pemerintah provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar), yang terdiri dari delapan unit ventilator, delapan unit oxygen concentrator, dan 20.000 lembar masker medis.

Adapun, pemberian bantuan disaksikan langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir, sebagaimana keterangan resmi di Jakarta, Jumat.

Erick menyampaikan, selain mendukung pembangunan dan pemberdayaan infrastruktur yang lebih memadai, pihaknya juga memberikan bantuan berupa alat kesehatan sebagai upaya mendongkrak perekonomian daerah dan nasional.

"Hal ini bertujuan agar ketahanan kesehatan di setiap daerah merata. Ini membuktikan bahwa kami tidak pernah menomorduakan Sumbar," ujar Erick.

Bantuan diberikan oleh Direktur Eksekutif Yayasan BUMN Untuk Indonesia Syafuan dan diterima oleh Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy, untuk kemudian akan dikelola oleh dinas kesehatan provinsi, dan didistribusikan ke rumah sakit di beberapa kota dan kabupaten di Sumatera Barat.

Baca juga: Erick Thohir ajak masyakarat beli produk UMKM disabilitas

“Alhamdulillah, sekarang giliran Sumatera Barat. Saya sangat senang dan bahagia sekali, semoga bantuan ini dapat bermanfaat dan menjadi berkah untuk warga Sumbar yang membutuhkan,” ungkap Syafuan.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy berterima kasih atas bantuan bagi berbagai rumah sakit umum daerah yang menyebar di kota dan kabupaten Sumbar.

“Kami pasti akan menggunakan sumbangan alat kesehatan ini sebaik-baiknya untuk kepentingan bersama agar ketahanan kesehatan masyarakat Sumbar meningkat. Semoga ke depannya, Yayasan BUMN untuk Indonesia terus memberikan perhatian dan bantuan-bantuan lain di berbagai sektor lainnya,” kata Audy.

Sebelumnya, dalam kunjungannya ke Sumbar, Menteri Erick juga meninjau rencana pembangunan jembatan layang di Sitinjau Lauik, Kota Padang dan reaktivasi KA Wisata Mak Itam pada jalur Sawahlunto-Muarokalaban.

Adapun, inisiasi kedua proyek tersebut sebagai upaya memajukan perekonomian dan pariwisata di Sumatera Barat.

Baca juga: Yayasan BUMN berikan bantuan alat kesehatan senilai Rp5,2 miliar

Baca juga: Yayasan BUMN terima bantuan 150 ventilator dari warga New York


Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022