Jakarta (ANTARA) - PT Espay Debit Indonesia Koe, perusahaan teknologi keuangan dompet digital DANA, mencatat rata-rata jumlah transaksi harian tumbuh 160,3 persen secara year to date pada November 2022 menjadi 16,4 juta transaksi.

"Potensi yang lahir dari perkembangan teknologi menjadi peluang bagi PJP untuk terus berinovasi dalam menghadirkan layanan yang pada akhirnya akan mempercepat literasi dan inklusi keuangan di Indonesia," kata Chief of Product DANA Indonesia Rangga Wiseno dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat.

DANA mencatat transaksi kirim uang juga meningkat signifikan sebesar 323,46 persen year to date pada November 2022.

Sementara itu, fitur lain seperti pembayaran melalui QR Indonesian Standard juga tumbuh sebesar 374,25 persen, pembayaran tagihan tumbuh 172,47 persen, dan transaksi pembelian emas digital sebesar 262,87 persen yang menandakan tingkat kepercayaan pengguna yang menguat.

"Peningkatan transaksi dari berbagai fitur di dompet digital DANA menunjukkan komitmen DANA memastikan layanan DANA dapat menjadi solusi keuangan modern dalam memenuhi kebutuhan keuangan berbasis gaya hidup bagi lebih banyak lagi pengguna di seluruh Indonesia," ujar Rangga.

Baca juga: DANA ungkap sistem keamanan layanannya untuk jaga kepercayaan pengguna

DANA pun berhasil menduduki peringkat pertama kategori “Top Improvers” dalam Bank and Payment System Consideration Rankings 2022 oleh YouGov.

Ranking didasarkan pada skor positive consideration brand dari YouGov BrandIndex, yang mengukur besaran jumlah pelanggan suatu brand lembaga atau jasa keuangan yang akan mempertimbangkan menggunakan brand tersebut kembali di masa yang akan datang.

Client Service Director YouGov Ali Aria menyampaikan bahwa transformasi digital Indonesia masih menunjukkan kecenderungan yang terus menguat sepanjang 2022, dimana dompet digital merupakan salah satu segmen dengan pertumbuhan yang tertinggi di sektor finansial.

“Sebanyak 4 dari 5 "Top Improver" dalam Bank and Payment System Consideration ranking diisi brand-brand dompet digital dan bank digital. Hal ini menunjukkan potensi pertumbuhan yang besar bagi ekosistem digital Indonesia, seiring dengan perubahan perilaku masyarakat yang masih terus berlanjut selepas pandemi,” ucapnya.

Pencapaian yang diperoleh DANA pada 2022 merupakan salah satu indikator meningkatnya penerimaan masyarakat terhadap transformasi digital, serta menjadi salah satu pendorong bagi DANA untuk terus berkontribusi dalam mempercepat akselerasi literasi dan inklusi keuangan di Indonesia.

Baca juga: Dompet digital DANA cetak 9 juta transaksi harian

Baca juga: Tembus 100 juta pengguna, DANA komitmen akomodir kebutuhan masyarakat


Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022