Jakarta (ANTARA) - Manajer tim nasional Indonesia Sumardji mengatakan, mental para pemain skuadnya dijaga dengan cara khusus agar tetap tangguh di setiap pertandingan, termasuk di turnamen Piala AFF 2022.

"Kekuatan mental yang luar biasa membutuhkan trik. Kami ingin mental pemain bertahan di situasi sesulit apapun," ujar Sumardji di Manila, Filipina, Sabtu.

Namun, pria yang juga anggota Polri berpangkat Kombes Pol itu tidak membeberkan secara rinci mengenai cara khusus tersebut.

Meski demikian, Sumardji menegaskan bahwa trik tersebut tidak jauh dari status pesepak bola profesional yang diemban para pemain timnas Indonesia.

"Pemain profesional itu, kan, imbal baliknya mana, begitu. Ibaratnya orang disuruh bergegas tetapi 'bahan bakar' tidak sesuai dengan 'kapasitas mesin', kan, ribet juga," kata dia.

Baca juga: Pemain Timnas Indonesia dilarang aktif di medsos selama Piala AFF 2022

Timnas Indonesia saat ini berada di Manila, Filipina, dan dijadwalkan meladeni tuan rumah untuk laga pemungkas Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Rizal Memorial pada Senin (2/1).

Indonesia sementara menduduki posisi kedua Grup A karena tertinggal selisih gol dibandingkan Thailand, meski kedua tim sama-sama memiliki tujuh poin.

Tim besutan Shin Tae-yong hanya butuh hasil imbang untuk mengunci tiket semifinal. Bila menang Indonesia bisa menjadi juara Grup A, tergantung hasil laga lain antara Thailand kontra Kamboja.

Baca juga: Indra Sjafri tegaskan Indonesia incar posisi juara Grup A Piala AFF
Baca juga: Shin geregetan lihat timnas tapi janji menang atas Filipina

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022