Badung (ANTARA) - Polda Bali mengerahkan 3.000 lebih personelnya untuk mengamankan perayaan malam pergantian tahun di sejumlah lokasi wisata di Pulau Dewata, Sabtu.

Ribuan polisi itu disebar di sejumlah lokasi wisata yang menjadi pusat perayaan malam tahun baru di Pulau Dewata, di antaranya di Pantai Kuta, Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park, dan di sekitar beach club di kawasan Kuta Utara, yaitu di Canggu dan Berawa.

“Ada tiga wilayah yang akan ramai dikunjungi masyarakat nanti malam, yaitu Kuta, GWK, dan Kuta Utara. Tiga wilayah ini akan menjadi titik kumpul masyarakat karena ada pesta kembang api,” kata Kapolda Bali Irjen Pol. Putu Jayan Danu Putra pada sela-sela kegiatannya meninjau lokasi perayaan malam tahun baru di Kuta Utara, Badung, Bali, Sabtu.

Ia menyampaikan khusus di Kuta Utara ada tujuh titik yang mendapat perhatian dari Polda Bali, yaitu di Atlas Beach Club, Finns Beach Club, Potato Head, Hotel W, Hotel Alila, Cafe Del Mar, dan Hotel LV8.

Ia menyampaikan pihaknya telah memetakan sejumlah potensi masalah keamanan, dan ketertiban yang mungkin terjadi selama perayaan berlangsung, di antaranya kemacetan.

“Di bidang lalu lintas, yang rawan adalah kemacetan. Anggota kami akan melakukan rekayasa lalu lintas untuk menghindari terjadinya kemacetan. Macet pasti macet, yang penting laju kendaraan tidak stuck,” kata Kapolda Bali.

Oleh karena itu, Polda Bali sejak Sabtu sore menerapkan penutupan jalan dan pengalihan lalu lintas untuk akses jalan menuju Pantai Kuta dan GWK Cultural Park.

Titik lainnya yang menjadi perhatian Polda Bali, yaitu akses jalan menuju Pantai Batu Bolong, Perancak, Batu Belig, dan Petitenget.

Oleh karena itu, Polda Bali juga telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Badung dan pengurus desa di tempat-tempat tersebut untuk menyiapkan kantong-kantong parkir sehingga wisatawan yang membawa kendaraan agar tidak memarkir mobil dan motornya di sembarang jalan, tetapi di tempat-tempat yang telah disiapkan oleh aparat setempat, kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Bali Kombes Pol. Satake Bayu dalam siaran tertulisnya, Sabtu.

Bali menjadi salah satu tujuan berlibur untuk wisatawan dalam negeri dan mancanegara selama libur Natal dan tahun baru.

Gubernur Bali I Wayan Koster dalam laporan akhir tahunnya, Jumat (30/12), menyebut sejak 28 Januari 2022 jumlah wisatawan domestik 3,9 juta orang, dan wisatawan mancanegara mencapai 2,3 juta orang.

Sementara itu, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai pada minggu ini melaporkan sebanyak 280.000 lebih warga negara asing (WNA) tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, pada periode 1–24 Desember 2022 untuk berlibur merayakan Hari Natal dan tahun baru di Pulau Dewata.

Dari puluhan ribu WNA itu, mayoritas wisatawan berasal dari Australia sebanyak 67.879 orang, kemudian Singapura 30.731 orang, India 27.876 orang, Malaysia 19.490 orang, dan Rusia 14.823 orang.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022