Bisa sampai Rp600.000 atau paling tidak Rp500.000 per hari
Jakarta (ANTARA) - Para seniman peran Kota Tua meraih pendapatan dari pengunjung sebesar Rp500-600 ribu per hari selama satu pekan terakhir, menyusul ramainya wisatawan pada libur Natal, akhir tahun dan perayaan Tahun Baru 2023 ke salah ikon Ibu Kota itu. 

"Bisa sampai Rp600.000 atau paling tidak Rp500.000 per hari. Alhamdulillah," kata salah satu seniman peran patung berseragam tentara, Rizal di Kota Tua, Jakarta Barat, Minggu.

Dia menjelaskan, kondisi ini sudah terjadi sejak satu minggu terakhir.

Sebelum Natal, dia mengaku pengunjung Kota Tua tidak terlalu banyak dan karena itu penghasilannya hanya sekitar Rp200.000 sampai Rp300.000 per hari.

Namun setelah memasuki Natal, pengunjung semakin banyak setiap harinya sehingga pemasukannya pun meningkat.

Baca juga: Hari pertama 2023, Kota Tua Jakarta Barat dipadati pengunjung

"Ditambah seperti warga sudah tidak khawatir lagi sama COVID-19. Jadi, banyak yang datang, banyak yang minta foto. Dulu pas COVID-19, boro-boro minta foto, mendekat pun tidak," jelas dia.

Setiap selesai berswafoto, warga kerap memberikan uang pecahan Rp5.000 sampai Rp10.000 ke kotak yang ada di depan Rizal.

Seniman peran tokoh tentara di Kota Tua, Ahmad mengaku biasa berdiri sejak pukul 08.00 WIB hingga 20.00 WIB di titik yang sama.

Selama seminggu terakhir pun, penghasilan yang dia dapat tidak jauh berbeda dengan yang didapatkan Rizal.

Dia melanjutkan, dari satu minggu massa liburan, akhir tahun pada Sabtu (31/12) merupakan kunjungan paling ramai di Kota Tua. 

Baca juga: Penyedia jasa sewa sepeda ontel raup kenaikan pendapatan saat liburan

Namun demikian, dia tidak bisa berdiri hingga malam lantaran situasi Kota Tua yang terlalu padat.

"Padat sekali, saya tidak bisa taruh barang-barang di depan. Akhirnya sore saya pulang," kata dia.

Walau tidak sampai larut, dia mengaku penghasilan yang dia dapat saat itu cukup banyak.

Walau masa libur mulai berakhir, dia berharap pengunjung Kota Tua pada hari-hari biasa tetap ramai agar dirinya dan seniman peran lainnya bisa mendapatkan penghasilan yang cukup.

Sebelumnya, pihak Unit Pengelola Kawasan (UPK) Kota Tua menyebutkan, selama periode liburan ini, dalam sehari sekitar 15 ribu pengunjung dari berbagai daerah di Kota Tua atau meningkat dari kondisi libur biasa sekitar 10 ribu pengunjung. 

Baca juga: Pengunjung padati kawasan Kota Tua untuk liburan akhir Tahun 2022

Untuk mendukung kenyamanan dan keamanan pengunjung, UPK Kota Tua menyiagakan petugas kebersihan dan keamanan.

"Untuk kebersihan, kita memberlakukan pembersihan setiap dua jam dari buka sampai ditutup steril pada pukul 21.00 WIB," Kepala UPK Kota Tua Dedy Tarmizi.

Namun, pihaknya mengimbau masyarakat untuk juga menjaga kebersihan karena sudah disediakan tempat sampah di banyak titik.

Kawasan itu kini ditetapkan sebagai zona bebas emisi kendaraan bermotor (low emission zone) dan karenanya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI menyediakan fasilitas parkir seperti di Kota Intan, Park and Ride Stasiun Kota dan lainnya.

Baca juga: Satpol PP ajak pelajar berwisata ke Kota Tua

Pewarta: Walda Marison
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023